Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Widhi Kasih Mulya Juliani, Lambok Simamora, Yoga Budi Bhakti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian  adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA 4 PGRI Jakarta kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Sampel pada kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh  t hitung= 3,6839 > t tabel= 1,9996 dengan taraf signifikasi α = 0,05. Maka  ditolak yang berarti dapat dikatakan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarakan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaluddin, R., Setiyadi, M., Putra, M., Hidayah, J., & Suherman, S. (2023). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 252–262.

Faizah, A. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp N 4 Purwokerto [Skripsi]. Iain Purwokerto.

Hendriana, B. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Adalah Kemampuan Siswa Untuk Memahami Konsep Matematika Dalam Konteks Situasi Dan Fakta Yang Sudah Mereka Ketahui. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 112–120.

Mayasari, Novi, Amin, A., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematik Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Jurnal Math Educatir Nusantara, 5(2), 140–152.

Nurul Rahena Br.Padang, Muhammad Firman Maulana, & Nurhaizan Sembiring. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Knowledge Sharing Dalam Kemampuan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Pada Siswa Mts Al-Washliyah Gedung Johor). Jurnal Taushiah Fai Uisu, 10(2), 137–147.

Stern, Julie, Nathalie Lauriault, & Krisrta. (2018). Tools For Teaching Conceptual Understanding, Elementary. A Sage Publishing Company.

Sudarsana, I. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R& D Dan Penelitian Pendidikan).

Yunico L. Maure, Kristoforus D. Djong, & Wilfridus B. N. Dosinaeng. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa Sma Pada Materi Program Linear. Asimot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 47–56.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.