Pengaruh Disposisi Matematis dan Resiliensi Matematis terhadap Prestasi Belajar Siswa

Ihwan Zulkarnain, Silvia Septhiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Disposisi matematis dan Resiliensi Matematis terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMK Kusuma Bangsa Yastia Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian analisis regresi ganda. Sampel yang digunakan adalah total seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 153. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disposisi matematis terhadap prestasi belajar siswa dan hasilnya diperoleh skor disposisi matematis 0,671. Resiliensi matematis terhadap prestasi belajar siswa dan diperoleh hasil skor 0,231. Disposisi matematis dan reseliensi matematis terhadap prestasi belajar siswa dan diperoleh hasil skor disposisi matematis dan reseliensi matematis 0,83. Maka skor prestasi belajar siswa akan bertambah 20,231. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi disposisi matematis dan resiliensi matematis maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adan, S.I.A. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Arianto, A. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), pp. 89–97.

Asih, K.S. et al. (2019). Resiliensi matematis pada pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika. in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 862–868.

Dilla, S.C., Hidayat, W. and Rohaeti, E.E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), pp. 129–136.

Fairus, F., Fauzi, A. and Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), pp. 2382–2390.

Hakim, A.R. (2017). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), pp. 24–36.

Hakim, A.R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hamidah, M.T. and Pabrawati, M.N. (2019). Analisis disposisi matematik peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. in Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Hendriana, H. and Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.

Kholil, M. and Zulfiani, S. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah da’watul falah kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), pp. 151–168.

Kooken, J. et al. (2013). Measuring mathematical resilience: an application of the construct of resilience to the study of mathematics.

Lestari, L.A., Suharto, S. and Fatahillah, A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), pp. 40–43.

Mandur, K., Sadra, W. and Suparta, I.N. (2016). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa sma swasta di kabupaten manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), pp. 65–72.

Marfuah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 26(2), pp. 148–160.

Marlina, L. and Sholehun, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas iv sd muhammadiyah majaran kabupaten sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), pp. 66–74.

Meriyati, H. (2023). Memahami karakteristik anak didik. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Rahmawati, L., Effendi, A. and Amam, A. (2022). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Pokok Bahasan SPLDV. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(2), pp. 445–454.

Sardiman, A.M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.

Sholihah, D.A. and Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), pp. 175–185.

Sugandi, A.I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliansi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), pp. 70–77.

Sugiyono, P.D. (2015). Metode Peneltian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D)(Ke-21). Yogyakarta: Alfabeta.

Supardi, U.S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Suyono, H. and Hariyanto, H. (2011). Belajar dan pembelajaran Teori dan konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, pp. 9–21.

Tranggono, T. et al. (2023). Pengaruh Perkembangan teknologi di era globalisasi dan peran pendidikan terhadap degradasi moral pada remaja. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), pp. 1927–1946.

Wahidmurni, A.M. and Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wingkel, W.S. (1998). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Zumaroh, L.S. and Haqiqi, A.K. (2022). Pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika pada materi tabung kelas IX. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), pp. 111–122.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.