Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan E – Learning dalam menggunakan media berbasis E – Learning dari hasil belajar kelompok matematika pada siswa MTS Pesantren Modern Daarul Uluum Lido kelas VIIA, dan kelas VIIB. penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilakukan pada siswa kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. VIIA sebagai kelompok Eksperimen dilakukan pengamatan dengan metode pembelajaran E-learning. sedangkan VIIB kelompok Kontrol Melakukan kegiatan pembelajaran seperti pada biasa pada umumnya. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis Metode penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Metode Eksperimen merupakan suatu bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa bekerja dengan benda-benda, bahan-bahan, dan peralatan laboratorium, baik secara perseorangan maupun kelompok. Karena secara bahasa Eksperimen adalah percobaan maka metode ini melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, lalu mengamati prosesnya dan menuliskan hasil percobaan tersebut. hasil penelitian ini ditinjau dengan perhitungan pretest dan posttest dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata rata hasil siswa memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dilihat dari nilai rata-rata yakni 74.30 dan 74.43. sedangkan pada posttest hasil belajar menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang sama yakni 76.91 dan 75.65.
Referensi
Hendry Sugianto , Amin Suyitno, Tri Sri Noor Asih (2022). “Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs”, Universitas Negeri Semarang.
Ayus Dandi, Gusniwati, Buhaerah (2021). “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Fakultas Tarbiyah, IAN Parepare.
Hadidi, Beni Setiawan (2021). “Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, STKIP Persada Khatulistiwa.
Hanifah, Nanang Supriadi, Rany Widyastuti (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik”, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Doni Septumarsa Ibrahim, Siti Partini Suardiman (2014). “Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta”, STKIP Hamzanwadi Selong, Universitas Negeri Yogyakarta.