Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Matematika Keuangan Dalam Pemahaman Konsep Materi Anuitas
Sari
Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika dalam mata kuliah Matematika Keuangan, khususnya materi anuitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan yang dialami mahasiswa. Dengan menggunakan penelitian kualitatif analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes melalui google form. Kesulitan yang dirasakan mahasiswa didasari pada kurangnya waktu belajar, materi yang kompleks serta metode pengajaran yang kurang diminati. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa masih kurang memahami materi anuitas yang disebabkan oleh kekurangmampuan mahasiswa dalam menentukan rumus dalam soal perhitungan dan kekurangtelitian mahasiswa dalam menentukan definisi atau konsep soal yang diberikan. Temuan ini mengindikasikan perlunya perbaikan metode pengajaran dan pengelolaan waktu belajar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi anuitas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amaliya, M. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 92.
Dr, D. (2021). Konsep Dasar Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: UNY Press.
Fiantika, F. W. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar. google. com/citations.
Fiththohiro, I. &. (2021). Program Anuitas Bagi Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Palopo. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya , 13.
Heripson. (2007). Buku Matematika Keuangan. Riau: Badan Penerbit UIR Press.
Ratnadi, N. K. (2019). METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia, 157.
Sidiq, U. C. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 122.
Tri, W. (2011). Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Aljabar Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berbasis Konstruktivisme. Perpustakaan Matematika UNY.
Utami, F. N. (2020). PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 93-101, 94.
Utami, L. W. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi c0vid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 151.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.