Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
Sari
Abstract: E-learning is the use of internet-based technology in teaching and learning activities. In terms of its benefits, this e-learning is a solution that can be used by users to increase their knowledge and skills. All of this is because this kind of learning is very broad because by its nature, the network is able to provide information in a very short time. In its infinite learning benefits, one of them is like between educators and students, Both the communication and the ease of carrying out the activities of course using internet facilities regularly without considering the time, place and distance are the reasons why the implementation of e-learning is widely applied in formal schools today, one of which is the students of the El Rifhat Creative Integrated Islamic Elementary School in Depok.
The design of this study uses a one-group pretest postest design. What is done is that the data that has been collected is Pretest and posstest data were studied using paired t-tests. The analysis was carried out to test and show that there is an influence of e-learning learning on the learning outcomes of elementary school students. Using a quantitative method with purposive sampling techniques and data analysis using paired t-tests with a significance level of 5% (α=0.05), with the conclusion that the average student score after the action of providing learning with e-learning media, more than the average score before the provision of e-learning learning actions. Based on this description, there is an influence of e-learning learning on the learning outcomes of elementary school students.
E-learning merupakan penggunaan teknologi basis internet dalam kegiatan belajar mengajar. Dilihat dari segi manfaatnya, e-learning ini merupakan sebuah solusi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menambah pengetahuan serta keterampilan. Semua ini dikarenakan pembelajaran seperti ini sangat luas karena secara sifat, jaringannya mampu memberikan informasi dalam waktu yang sangat singkat. Dalam manfaat pembelajarannya yang tak terbatas, salah satunya seperti antara pendidik dengan siswa, baik komunikasinya dan mudah pelaksanaan kegiatannya tentunya menggunakan fasilitas internet secara teratur tanpa mempertimbangkan waktu, tempat dan jarak menjadi alasan mengapa pelaksanaan pembelajaran e-learning banyak di terapkan di sekolah-sekolah formal pada masa kini salah satunya yaitu pada siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu El Rifhat Kreatif di Depok.
Rancangan penelitian ini menggunakan one-group pretest postest desain. Yang dilakukan ialah data yang telah terkumpul yaitu data pretest dan posstest dikaji menggunakan t-test berpasangan. Penganalisisan yang dilakukan untuk menguji dan menunjukkan bahwa adakah pengaruh pembelajaran e-learning atas hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan analisis data menggunakan uji-t berpasangan dengan taraf signifikansi 5% (α=0,05), dengan kesimpulan bahwa rata - rata nilai siswa setelah dilakukan tindakan pemberian pembelajaran dengan media e-learning, lebih dari rata-rata nilai sebelum pemberian tindakan pembelajaran e-learning. Berdasarkan penjabaran ini, bahwasanya terdapat pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A’yun, Q., Sujiwo, D. A., & Hadiyatullah , A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada . https://core.ac.uk/outputs/229217850/?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1.
Erdawati, S., & Sartika , T. (2022). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA. banten: At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan.
Louk, S., Andinny, Y., & Zulkarnain, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Visual Dalam Memahami Konsep Matematika. Sigma, 5(1), 29-36.
Rahmatia, M., Monawati, Darnius, S.. (2017). PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH. banda aceh: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNSYIAH
Sintawana, N., Lazirkha, D. P., & Sari, S. N. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING PADA APLIKASI ZENIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. tangerang: https://jitech.i-tech.ac.id/index.php/jitech/article/view/101.
Wigati, P., Nursangaji, A., Suratman, D., Yusmin, E., & Ahmad, D. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENDEKATAN META-ANALISIS) . Pontianak: https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy.
https://www.teachingenglish.org.uk/using-ohp
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/purposive-sampling-adalah/#Pengertian%20Purposive%20Sampling%20Menurut%20Ahli
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.