Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Semesta Depok
Sari
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Semesta Depok pada materi eksponensial dan logaritma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK Semesta Depok yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan menganalisis nilai hasil belajar dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Bedasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu ketidaktepatan dalam perhitungan menjawab soal eksponensial dan logaritma adalah dengan menggunakan media kalkulator scientific.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072-1082.Farhatun, F., Darmayadi, D. P., & Yanti, A. N. (2022). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN KALKULATOR TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA AS-SUHUF. Jurnal
Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 21-28.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.
Rahmadani, G. Desain Didaktis untuk Mengatasi Learning Obstacle Konsep Logaritma pada Siswa SMA (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Hidayat, D. (1997). Penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).
Amalia, K. R. (2022). Pemahaman konsep matematika melalui pendidikan progresif dengan penggunaan kalkulator saintifik. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1141-1148.
Palma, D. I., Lawalata, D. J., & Mpuang, T. (2020, February). Penggunaan Kalkulator Saintifik Sebagai Media Eksploratif Bagi Peserta Didik Untuk Menemukan Sifat-Sifat Eksponensial. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 377-384).
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.
Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76.
Amalia, K. R. (2020). Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 4, Desember 2022 Pemahaman konsep matematika melalui pendidikan progresif dengan penggunaan kalkulator saintifik. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1141. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Palma, D. I., Lawalata, D. J., & Mpuang, T. (2020). Penggunaan Kalkulator Saintifik Sebagai Media Eksploratif Bagi Peserta Didik Untuk Menemukan Sifat-Sifat Eksponensial. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 377–384.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.