Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bunga Tunggal di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Ananda Muazizah, Syifa Najwa Putri, Saskia Khoirunnisa, Aulia Anggana Izzahra Tuzaman, Resta Aviani, Nurma Tambunan

Sari


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan
untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis aritmatika
sosial dalam pemecahan masalah matematis pada materi bunga tunggal pada 15
siswa di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Penelitian ini
menggunakan 4 indikator kemampuan pemahaman matematis. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kepada siswa untuk
dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu
mengaitkan beberapa konsep, yaitu konsep untung, rugi, dan diskon. Akibatnya,
penerapan konsep yang digunakan salah dan kasus yang ada tidak terselesaikan
dengan tepat

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.

Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67.

Mawaddah, S., dan Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1). 76-85.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sari, D. P., Nurochmah, N., & Haryadi, H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achievment Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3, 16-22. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7547

Sidiq, U. C. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 122.

Utami, L. W. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik di masa pandemi covid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 151.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.