Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Fatma Meisa Pertiwi, Nur Baiti Nasution

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Gondang Wonopringgo tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik uji regresi sederhana dengan bantuan Excel 2010. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa. Koefisien determinasi (???? kuadrat) 0,3008 menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika sebesar 30,08% dan sisanya sebesar 69,92% dijelaskan dari variabel lain yang tidak teliti.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844

Aryanti. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika di SD (Problem Based Learning Berbasis Scaffolding, Pemodelan dan Komunikasi Matematis). Yogyakarta: Deepublish (CV BUDI UTAMA). https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/173808/

Asri, S. A., Tayeb, T., Mardiah, M., Kamal, S. I. M., & Suaidah, I. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Sinjai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 210–222. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1067

Azmi, M. P. (2019). Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 099–100. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7490

Fathiyah, I. (2020). Analisis Kualitatif Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Tipe HOTS Berdasarkan Teori Nolting pada Siswa SMP [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/57980/

Fitriana, W. R., Isnarto, & Prabowo, A. (2018). The analysis of student’s mathematical communication ability viewed from learning styles through project based learning models on cylinder and cone materials. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 156–163. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.22165

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307-318. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Handayani, P. P., Fitrianti, H., & Taufik, A. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa SMA yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.or g/10.30598/jpmunpatti.v4.i1.p33 - 39

Ikhsan, D. M., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 203–214. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.8091

Mahyan. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Menerapkan Metode Bervariasi pada Siswa Kelas 1 SD Seponti. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 52–62. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/40882

Maulidiah, N. (2022). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Merbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

Munthe, L. S., & Pasaribu, L. H. (2023). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1321–1331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2087

Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Analisis Teori Respon Butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 45-50. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13730

Ocktaviani, N. N., Aulia, S. N., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 161–166. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p161-166

Rahayu, L. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). IAIN KEDIRI.

Ramadhani, R., & Harahap, J. Y. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi SPSS. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 27–40. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2382

Remme, B. V. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantetayo. Zigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47178/zig.v1i1.975

Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/1208

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52.

Sutisna, D., Megiati, Y. E., & Pratiwi, N. K. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8(0), 203–210. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5952

Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. A. (2021). The improvement of 10th students’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.