Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Lailatul Izzati, Rini Utami

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MAN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berjenis ex post facto. Pengambilan subjek menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Instrumen nontes berupa angket untuk mengetahui tingkat adversity quotient siswa, sedangkan untuk instrumen tes yaitu berupa soal tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 siswa. Uji prasyarat analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 54,79%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari

Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Alam, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774

Annikmah, I., Darminto, B. P., & Darmono, P. B. (2020a). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Adversity

Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Pythagoras: Jurnal

Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 106–113.

Annikmah, I., Darminto, B. P., & Darmono, P. B. (2020b). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Adversity

Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. PHYTAGORAS: Jurnal

Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 106–113.

Hakim, F. (2020). Faktor Adversity Quotient dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian

Matematis Topik Teori Grup. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02.

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, Dana L. Kelly, & Bethany Fishbein. (2020). TIMSS

International Results in Mathematics and Science. Dalam TIMSS & PIRLS International

Study Center. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh Adversity Quotient dan Task

Commitment terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan

Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Laili, N. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dalam

Pembelajaran Jarak Jauh di SMP. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), 33–39.

https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0301.210

NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. The National Council of Teachers

of Mathematics, Inc.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Oda Kinata BanureaMedan, Ed.). CV. Widya

Puspita.

Nisa, K., Sridana, N., Salsabilla, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis. Journal of Classroom Action Research,

(3), 17–24.

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., Patimah, F., & Adah, N. ’. (2020). Adversity Quotient dan Locus of

Control Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding

Seminar Nasional Sains, 479–486.

Nur, I., Al-Hamzah, F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia:

Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2246–2254.

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Putu, S. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan - SMK. Dalam Departemen Pendidikan

Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1908

Rukminingsih, Gunawan Adnan, & Mohammad Adnan Latief. (2020). Metode Penelitian

Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (Pertama).

Erhaka Utama. www.erhakautama.com

Wahyuti, E., Purwadi, & Nila Kusumaningtyas. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal

Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.