Pengaruh Kegiatan Kampus Mengajar terhadap Kecerdasan Numerasi Anak di Indonesia

Khoirul Umam, Muhammad Ivan Noor Salim, Aristo Froditus Raja, Restu Adhitama Putra

Sari


Pada kurikulum merdeka, proses belajar mengajar difokuskan kepada peserta didik. Peserta didik diharuskan mencari informasi sendiri  materi yang dipelajari di internet. Namun sering kali media tersebut disalah gunakan oleh peserta didik untuk melakukan hal lain, sehingga peserta didik perhatiannya teralihkan. Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka memiliki beberapa kekurangan dan menyebabkan beberapa kesulitan pada peserta didik dikarenakan banyak peserta didik yang enggan untuk mencari informasi pada internet atau bahkan masih bingung dengan penjelasan di internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program kampus mengajar terhadap kecerdasan numerasi peserta didik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pengumpulan data dilakukan pada database Google Scholar untuk mengutip artikel yang revelan. Hasil penelitian ini didapat peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang numerasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Araniri, N. (2022). Penerapan Literasi, Numerasi, Administrasi Sekolah dan Adaftasi Teknologi dalam Program Kampus Mengajar 4 di SD Pasanggrahan II Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Papanda Journal of Community Service, 1(2).

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91.

Deona, S., & Landa, K. S. (2023). STEAM Approach with Loose Parts Learning Materials in the Early Childhood Education. Pedagogi, 23(1), 11–17.

Ernawati, Y., Decrisent, K. M., Wulandari, W., & Marlia, A. (2024). Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi di UPT SDN 17 Pinti Kayu Ketek. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2950-2956.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).

Gurning, M. R. (2022). Pengembangan Literasi, Numerasi, Adaptasi, Teknologi, Oleh Kampus Mengajar Angkatan Iii Di Smp Swasta Harapan Bunut. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 58-63.

Harianja, S. I., Kurnia, L., & Trimayani, R. (2023). UPAYA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 066/IX SENGETI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 813-819.

Hartatik, S. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5(1), 32-42.

Khatima, K., Alannasir, W., & Nurdiansyah, E. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1329-1334.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Retrieved from (https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm)

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35-42.

Setyaningrum, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.