Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Computational Thinking

Dwi Putri Fatmawati, Nur Baiti Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa  dan hal yang mendasari terjadinya kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penlitian kualitatif.   Subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMP Islam YMI Wonopringgo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan computational thinking siswa diperoleh hasil bahwa terdapat 4 siswa dengan kemampuan computational thinking tinggi, 12 siswa dengan kemampuan computational thinking sedang, dan 16 siswa dengan kemampuan computational thinking rendah. Analisis kesalahan siswa, dikembangkan berdasarkan aspek kesalahan menurut teori Newman. Berdasarkan analisis hasil tes penyelesaian soal cerita, diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan computational thinking tinggi masih melakukan kesalahan pada penarikan kesimpulan akhir. Siswa dengan kategori sedang masih melakukan kesalahan proses menyelesaikan masalah dan penarikan kesimpulan akhir. Siswa dengan kemampuan computational thinking rendah, melakukan kesalahan memahami masalah, mentransformasi masalah, proses menyelesaikan masalah, dan penarikan kesimpulan akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rappana (ed.); p. 235). Syakir Media

Press.

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita

Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128.

https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah

Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator

Nusantara, 1(2), 159–170.

http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada

Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,

(1), 484–500. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503

Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Berdasarkan Prosedur Newman Di MTsN 4 Banda Aceh (Doctoral dissertation, Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan

soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar.

AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446.

Danoebroto, S. W., & Listiani, C. (2020). Analisis Berpikir Komputasi Guru Sekolah Dasar Dalam

Menyelesaikan Masalah Terkait Skala. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 1–11.

http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/edumat/article/download/148/64/

Erni, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Dua

Variabel Berdasarkan Newman. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 34–41.

https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.78

Fitriani A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan dan

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy, 3(1), 138–155.

Hadiyanti, Y. R., Tandililing, P., & Seralurin, M. M. F. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik

Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Prosedur

Newman. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 995–1002.

https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal cerita

arimatika sosial berdasarkan prosedur newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem

Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII Mts Di Kabupaten Bandung Barat.

Journal On Education, 01(02), 15–22.

Laja, Y. P. W. (2020). Sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Aturan Pindah Ruas Dalam

Menyelesaikan Persamaan Linear Matematika. Mandalika Mathematics and Educations

Journal, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1809

Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi Dalam Menyelesaikan Bebras Task Ditinju Dari

Kecerdasan Logis Matematis Siswa. 19–21.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar

Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2),

–74.

Qoiriyah, N., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA : Kajian Ilmu Pendidikan

Matematika, 6(2), 156–165.

Siswanto, E., Aziz, T. A., & Hakim, L. El. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Dalam Pemecahan Masalah Matematika : Perspektif Filsafat Dan Adversity Quotient. JP2M

(Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5210

Suryanti, Sari, C. Y., & Kristiani. (2020). Kesalahan Penyelesaian Soal Statistika Tipe High Order

Thinking Skills Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 207–218.

https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.207-218

Susanti, D. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasi Dalam Memecahkan Soal Cerita

Matematika Materi Barisan Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas Viii Di

Smp Nuris Jember.

Syamsy, M. N. F., & Sholikhah, A. (2023). Computational Thinking pada Siswa Madrasah

Tsanawiyah Maulana Maghribi Kandeman dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan

Masalah. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 212–227.

https://doi.org/10.28918/circle.v3i2.1222

Wiranti, Meiliasari, & Haeruman, L. D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan

Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis

(NEA) Kelas VII SMP Negeri 187 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah,

(1), 73–86. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.08

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris

Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan

Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan

Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.