Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Computational Thinking
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rappana (ed.); p. 235). Syakir Media
Press.
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita
Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128.
https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah
Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator
Nusantara, 1(2), 159–170.
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150
Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada
Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,
(1), 484–500. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503
Ayuwirdayana, C. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Berdasarkan Prosedur Newman Di MTsN 4 Banda Aceh (Doctoral dissertation, Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan
soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar.
AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446.
Danoebroto, S. W., & Listiani, C. (2020). Analisis Berpikir Komputasi Guru Sekolah Dasar Dalam
Menyelesaikan Masalah Terkait Skala. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 1–11.
http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/edumat/article/download/148/64/
Erni, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Dua
Variabel Berdasarkan Newman. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 34–41.
https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.78
Fitriani A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan dan
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy, 3(1), 138–155.
Hadiyanti, Y. R., Tandililing, P., & Seralurin, M. M. F. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Prosedur
Newman. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 995–1002.
https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal cerita
arimatika sosial berdasarkan prosedur newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII Mts Di Kabupaten Bandung Barat.
Journal On Education, 01(02), 15–22.
Laja, Y. P. W. (2020). Sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Aturan Pindah Ruas Dalam
Menyelesaikan Persamaan Linear Matematika. Mandalika Mathematics and Educations
Journal, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1809
Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi Dalam Menyelesaikan Bebras Task Ditinju Dari
Kecerdasan Logis Matematis Siswa. 19–21.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar
Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2),
–74.
Qoiriyah, N., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA : Kajian Ilmu Pendidikan
Matematika, 6(2), 156–165.
Siswanto, E., Aziz, T. A., & Hakim, L. El. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Dalam Pemecahan Masalah Matematika : Perspektif Filsafat Dan Adversity Quotient. JP2M
(Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5210
Suryanti, Sari, C. Y., & Kristiani. (2020). Kesalahan Penyelesaian Soal Statistika Tipe High Order
Thinking Skills Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 207–218.
https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.207-218
Susanti, D. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasi Dalam Memecahkan Soal Cerita
Matematika Materi Barisan Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas Viii Di
Smp Nuris Jember.
Syamsy, M. N. F., & Sholikhah, A. (2023). Computational Thinking pada Siswa Madrasah
Tsanawiyah Maulana Maghribi Kandeman dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 212–227.
https://doi.org/10.28918/circle.v3i2.1222
Wiranti, Meiliasari, & Haeruman, L. D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan
Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis
(NEA) Kelas VII SMP Negeri 187 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah,
(1), 73–86. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.08
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris
Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan
Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan
Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.