Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Ratu Ummu Salmah, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan software Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan quasi experimen. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Satap Gunung Sari dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil kemampuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah  diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan software Geogebra dan kemampuan  belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan software Geogebra lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ami. S. (2016). Implementasi Strategi Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sd. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(2). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.845

Firdayati, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://core.ac.uk/download/pdf/236196144.pdf

Hakim, A. R., et al., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta. 419-430. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775

Hamidah, Ayuningtyas, V., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Kelas VIII Di Kabupaten Serang. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 438–445.

Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532

Moko, V. T. H., Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Inovasi Kurikulum, 19(2), 131–142. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44974

Mutakin, T. Z., & Sumiati, T. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2010 / 2011). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.64

Nasution, M. A., Dewi, I., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., & Serdang, K. D. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Morawa. Journal on Education, 06(02), 13514–13526.

Priatna, N., Juandi, D., & Agustina, F. (2015). Prosiding Pengembangan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika SMP di Kabupaten Subang Prosiding. 227–233.

Putri, N. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Leaning Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. 1–161.

Rahayu, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 105.

Rahmatillah, C. R., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Bahan Ajar dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMA: Prosding Seminar Nasional Matematika, 6, 40–46.

Romadhoni, N., & Suryowati, E. (2023). Penggunaan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK 10 Nopember Jombang. Jurnal Edusavana, 1(1), 15–23.

Salim Nahdi, D., & Afriyuni Yonanda, D. (2020). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(2), 196–204.

Salsabiila, A., & Ahmad, S. (2023). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1599–1610.

Shofiyana, S. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Simamora, R. E., & Siagian, M. V. (2021). Penerapan Model Guided-Discovery Learning (GDL) dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Pada Topik Geometri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(11), 576–581.

Tambunan, C., Siregar, N., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Journal on Education, 06(02), 13875–13891.

Widhiyani, P., & Sugiarti, T. (2013). Pembelajaran Matematika melalui Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sumbersari 02 Jember Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Tahun Pelajaran 2012-2013. 1–4.

Yustikawati, R. (2018). Bab II Kajian Pustaka Dan Kerangka Pemikiran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2017, 9–29.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.