Pengaruh Model Role playing Berbantuan Aplikasi Kahoot Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Nuraeni Nuraeni, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Role playing berbantuan aplikasi Kahoot terhadap kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dipilih secara acak yaitu siswa kelas VII-I berjumlah 31 siswa di SMP Negeri 1 Ciruas. Data diperoleh dengan tes kemampuan koneksi matematis sebanyak 4 soal dan non tes dalam bentuk angket kepercayaan diri siswa sebanyak 25 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara model Role playing dan aplikasi Kahoot secara signifikan meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa serta meningkatkan kepercayaan diri mereka selama proses pembelajaran. Temuan ini menyoroti potensi pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif yaitu model Role playing berbantuan aplikasi Kahoot dalam meningkatkan prestasi belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846

Aima, Z., Yunita, A., & Febriana, R. (2023). Pelatihan Membuat Soal Matematika Secara Daring Menggunakan Aplikasi Kahoot. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2487

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32

Azmia, I., & Kasduri, M. (2023). Pengaruh Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aplikasi Game Kahoot Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMP Swasta An-Nizam Medan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 451–456. https://jpion.org/index.php/jpi451Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Bakhril, M. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189), 754–758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN

Dewi, P. T. I., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2020 (MAHASENDIKA), 9, 77–86. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/911

Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12

Hamidah, H., & Chotimah, S. C. (2015). Pengaruh model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 203–208.

Hamidah, H., Kusuma, J. W., Zaenuri, Z., Isnarto, I., & Agoestanto, A. (2022). Pengaruh Model ARCS (Attention-Relevance-Confidence-Satisfaction) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 441–446.

Imanizar, L., Napitupulu, N. L., & Manalu, S. (2021). Penerapan Role Playing pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 41–46.

Istiqomah, S., Nurkholidah, E., & Pranowo, T. A. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk peningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 138. https://doi.org/10.29210/30033125000

Mafruhah, S., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi (Kahoot) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Al-Maarif Singosari Malang. Vicratina, 4(1), 65–71.

Maisyarah, R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. ResearchGate, December, 1–11.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 244. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.239-246

Mulyani, R. S., & Supardi, S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Role Play untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika. PANDITA : Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 6(1), 46–60. https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i1.68

Muzayanati, A., Maemonah, M., & Puspitasari, P. (2022). Efektivitas Aplikasi Game Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 161. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8677

Pasaribu, L. H., & Hasanah, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Eduscience, 9(3), 698–706. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3433

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sitanggang, D. R., Purba, N. A., & Sirait, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 453–461. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3044

Sitti, N. (2020). … Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ciptomulyo 1 Malang Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn …. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 59–68. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/451%0Ahttps://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/download/451/361

Widiandika, A. A. M. (2020). Pengaruh Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY PENGARUH, 160–165.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.