Analisis Penggunaan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Melalui Aplikasi Mathway

Putriani Putriani, Hamidah Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma

Sari


Pendidikan merupakan hak setiap warga negara, termasuk anak, yang fokus pada pengembangan bakat tertentu. Saat ini pendidikan di Indonesia telah memasuki era baru yaitu melaksanakan proses pembelajaran secara daring atau via online. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh siswa yang mempunyai waktu terbatas untuk hadir secara langsung untuk mengikuti pembelajaran di sekolah. Penggunaan blended learning mengacu pada kombinasi pembelajaran tatap muka di kelas dan pembelajaran online. Aplikasi Mathway menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu siswa dalam belajar matematika. Metode yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Mathway dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan Mathway dalam pembelajarannya mempunyai nilai tes kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan Mathway.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adekantari, P., Su’ud, & Sukardi. (2020). The Influence of Instagram-Assisted Project Based Learning Model on Critical Thinking Skills. Journal of Educational and Social Research, 10(6), 315–322. https://doi.org/10.36941/jesr-2020-0129

Anggraeni, A., Supriana, E., & Hidayat, A. (n.d.). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Boehm-Fischer, A., & Beyer, L. M. (2024). Blended Learning, Flipped Classroom, and Peer Teaching as a Combination to Meet the Increasing Diversity in Higher Education. International Journal of Information and Education Technology, 14(2), 310–317. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.2.2053

Bryan Booc, N., Sobremisana, K., Ybañez, A., Tolosa, R., Ladroma, S. M., & Caparoso, K. M. (2023). Artificial Intelligence-Powered Calculator Application Usage in Mathematics Summative Assessments.

Calderón, A., & Ruiz, M. (2015). A systematic literature review on serious games evaluation: An application to software project management. Computers & Education, 87, 396–422. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.07.011

Fazariah, H., & Yafizham, Y. (2024). Ilmu pengetahuan Alam. Kebumian Dan Angkasa, 20–25. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i3.45

Fitria, F., Sukardi, S., & Handayani, N. (2023). Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 101–111. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1159

Hevriansyah, P., & Megawanti, D. P. (n.d.). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.

Khaeril Muttaqin, A., Yahya, Y., & Irmayanti. (2023a). Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Tadris Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 63–70. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1829

Khaeril Muttaqin, A., Yahya, Y., & Irmayanti. (2023b). Pemanfaatan Aplikasi Mathway dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Tadris Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 63–70. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1829

Leininger-Frézal, C., Sprenger, S., Lázaro-Torres, M.-L. de, Rodríguez Domenech, M. Á., Heidari, N., Pigaki, M., Naudet, C., Lecomte, A., & Gallardo, M. (2023). Global Change Challenge in the Higher Education Curriculum on the Approach of Blended Learning. European Journal of Geography, 14(2), 1–14. https://doi.org/10.48088/ejg.c.lei.14.2.001.014

Magdalena, I., Holisoh1, S., & Angraeni, S. (2024). CENDIKIA PENDIDIKAN. 3(2), 10–20. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Marwiah, S., Maharani, I., Simamora, Y., Studi, P., & Matematika, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Mathway Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTs Darul Mukhlisin. Journal on Education, 06(02).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pendidikan, J., Alfi, C., & Amirudin, A. (n.d.). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X PENGARUH PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MASALAH DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA.

Pratama1, A. R., & Nilamsari2, D. P. (2022). Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN PENERAPAN APLIKASI MATHWAY SEBAGAI PENUNJANG EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA JENJANG SEKOLAH DASAR.

Pratiwi, I. (n.d.). ANALISIS PENGUUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (Vol. 3).

Sulistiani, E. (n.d.). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA.

Sumarmo, dkk. 2012. Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan KreatifMatematik. Jurnal Pengajaran MIPA. 17 (1). 17-33.

Yapici, İ. Ü., & Akbayin, H. (2012). THE EFFECT OF BLENDED LEARNING MODEL ON HIGH SCHOOL STUDENTS’ BIOLOGY ACHIEVEMENT AND ON THEIR ATTITUDES TOWARDS THE INTERNET. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 11, Issue 2). www.e-biyoloji.net


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.