Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Teams Game and Tournament (TGT)” terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Ade Dwi Oktaviani, Lasia Agustina, Muhamad Farhan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes berpikir kritis matematis sebanyak 7 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan berdasarkan uji beda rerata dua sampel menggunakan Uji-t menunjukan thitung sebesar 3,1771 dan ttabel sebesar 1,999 pada taraf signifikan 5% atau (α = 0,05). Karena thitung > ttabel maka tolak H0 dan terima H1. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Fuadi, A. (2021). Ojs+Landasan+Pendidikan. Tahta Media Group.

Hastuti, E. S., Umam, K., Eclarin, L., & Perbowo, K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Spldv Pada Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Khairani, M., & Febrinal, D. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 54–60. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/574

Nada, K., Al-nur, W. R., & Keguruan, F. (2023). COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TEAM GAME TOURNAMENT ( TGT ) AND ITS INFLUENCE ON LEARNING OUTCOMES IN MATHEMATICS SUB-CHAPTER MULTIPLE. 15(1), 99–109.

Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451

Pardede, U. T. (2019). Penigkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatve Tipe Tgt Di Sman 1 Batang Toru. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 67–74. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/635

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.