Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Sari
Penelitian ini dilaksanakan di SMP At-Tawwabiin dan SMP Tritura. Memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 91 peserta didik kelas VII yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji kelinearan regresi dengan hasil normal dan linier. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 48%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anisah, Suhartati, & Zaura, B. (2023). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 10 ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Materi Perpangkatan. Jurnal Peluang, 11(1), 2685–1539. https://doi.org/10.24815/jp.v11i1.31558
Khoirunnisa, K., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di SMPN 18 Tangerang. Jurnal UHAMKA, 01, 182–190. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/index/login?source=%2Findex.php%2Findex%2Farticle%2Fview%2F2659
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2174
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.