Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan

Alivia Zahra Nurul Fajrina, Muhammad Zaidan, Fauzi Mulyatna

Sari


Penelitian kualitatif ini mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII khususnya dalam konteks topik rasio. Penelitian ini berfokus pada bagaimana siswa memandang dan menerapkan pemikiran kritis dalam memecahkan masalah rasio, baik dalam lingkungan akademik maupun dalam skenario kehidupan sehari-hari. Studi ini menggunakan pengambilan sampel purposif untuk memilih peserta yang menunjukkan kemahiran dalam memahami konsep rasio, memastikan keakuratan data melalui instrumen tertulis dan wawancara.Pengumpulan data melibatkan langkah-langkah bertahap di mana siswa melengkapi instrumen berpikir kritis diikuti dengan wawancara yang ditargetkan berdasarkan tingkat kinerja akademik. Analisis menggunakan teknik triangulasi, mengintegrasikan tanggapan tertulis dan temuan wawancara untuk memberikan wawasan komprehensif mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah rasio.Temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan pengembangan pemikiran kritis ke dalam pendidikan matematika, khususnya dalam pengajaran konsep rasio. Dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, siswa tidak hanya meningkatkan kemahiran matematika mereka tetapi juga mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang penting untuk keberhasilan akademis dan penerapan di dunia nyata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151–164.

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 197–202. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Emilidha, W. P., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Integrasi STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 301–308. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2966

Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 417–431. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2762

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School BT - 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828

Suciati, D. R., & Hakim, D. L. (2020). Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2934

Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.