Pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Anjela Safira, Indah Mayang Purnama, Yoga Budi Bhakti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh   Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey korelasional dengan menggunakan instrumen angket sebanyak 20 butir pernyataan AQ dan instrument bentuk soal essay sebanyak 5 butir soal  kemampuan pemahaman konsep matematika. Sampel menggunakan jumlah responden sebanyak 80 siswa dengan teknik sampling random. Pada uji Normalitas menggunakan Chi-Kuadrat dan Uji Kelinieritas Regresi, diperoleh simpulan bahwa data berdistribusi normal dan liniear. Pada pengujian hipotesis persamaan regresi diperoleh Fhitung>Ftabel (6,31>3,96) sehingga H0 ditolak. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient (X) terhadap pemahaman konsep matematika siswa (Y).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmaliah, N., & Santoso, D. A. A. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa atas Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Berbicara. Deiksis, 10(01), 49–58. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.2185

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and PISA has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406. https://iaeme.com/Home/article_id/IJCIET_10_02_042

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446.

Jehadus, E., Sugiarti, L., & Jelimun, Y. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1457–1468. https://doi.org/10.58230/27454312.698

Mahira, T., Salsabila, A., Alia, H., Harwiya, T. A., Suhendri, H., & Mulyatna, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 321–328. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6495

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurhidayat, M. R., Rakhmat, H. C., & Sutrisna, A. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT Karya Sekawan. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 612–615. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.2210

Putri, N. M., Sumaji, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 407–421. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3134

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.