Analisis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 10 pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Sekolah

Daffa Rifdah Faadiyah, Dewi Safitri, An Nisa Lucky Putri

Sari


Pendidikan matematika memegang peran yang sangat penting dalam
membentuk pondasi landasan berpikir kritis dan analitis bagi siswa. Tujuan
penelitian untuk menilai sejauh mana siswa memahami materi barisan dan deret
aritmatika di tingkat sekolah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan
kuantitatif. Hasil menunjukkan siswa memahami barisan dan deret aritmatika.
Sehingga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas
10 pada materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas 10 di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

SMP DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan), 3(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697

Capone, R., Filiberti, F., & Lemmo, A. (2021). Analyzing difficulties in arithmetic word problem

solving: An epistemological case study in primary school. Education Sciences, 11(10), 596.

https://doi.org/10.3390/educsci11100596

Johari, S. (2018). Teori Pembelajaran. In Psikologi Pendidikan(Vol. 1).

Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R. L., & Kananda, H. V. (2020). Analisis kemampuan literasi

matematika siswa SMA ditinjau dari gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 336-347.

https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2611395

Perkasa, A. A., & Astuti, D. (2022). Analysis of Students' Mathematical Problem-Solving Ability on

Trigonometry. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 179-191.

https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12476

Puspitasari, L., In'am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of students’ creative thinking in solving

arithmetic problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49-60.

https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Sanz, M. T., López-Iñesta, E., Garcia-Costa, D., & Grimaldo, F. (2020). Measuring arithmetic word

problem complexity through reading comprehension and learning analytics. Mathematics, 8(9),

https://doi.org/10.3390/math8091556

Sari, R. M., & Khotimah, R. P. (2023). Analysis of mathematic literacy ability in solving problems

in arithmetic sequences and series based on gender view. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu

dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(2), 296-306.

https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i2.7336

Soebagyo, J., Umam, K., Istikharoh, I., & Suhendri, H. (2022). An Analysis of Students'

Mathematical Problem-Solving Ability at Class VII Social Arithmetic Materials Based on

Learning Styles. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(1).

http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v12i1.10099

Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan

pada siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 571-578.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.