Analisis Tren Media Sosial dengan Menerapkan Model Matematika Menggunakan Metode Kualitatif

Aulia Anggana Izzahra Tuzaman, Saskia Khoirunnisa, Resta Aviani

Sari


Media sosial telah menjadi platform yang sangat berpengaruh dalam komunikasi, berbagi informasi, dan analisis tren. Dalam studi ini, kami menjelajahi aplikasi model matematika untuk menganalisis dan meramalkan tren di platform media sosial. Dengan memanfaatkan teknik matematika seperti data mining, machine learning, dan analisis jaringan, kami bertujuan untuk mengungkap pola, meramalkan tren masa depan, dan memahami perilaku pengguna. Studi ini difokuskan pada pemanfaatan model matematika untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari media sosial, mengidentifikasi pola dalam interaksi pengguna, melakukan analisis sentimen, meramalkan perilaku pengguna, dan memprediksi konten yang berpotensi viral. Temuan dari penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga bagi bisnis, peneliti, dan organisasi yang ingin mengoptimalkan strategi media sosial mereka berdasarkan data empiris dan pemodelan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas model matematika dalam mengekstrak wawasan yang berarti dari jumlah data yang besar yang tersedia di platform media sosial. Studi ini memberikan kontribusi pada penelitian tentang analisis media sosial dan menyoroti pentingnya mengintegrasikan model matematika dalam memahami dan meramalkan tren di era digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII. 2018. “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia.” Hasil Survei. APJII.

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika, teori, Konsep dan Aplikasidengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Em, (2000), A First Look At Communication Theory (Fourth Edition),

McGraw-Hill, New Jersey.

“4 Miliar Penduduk Bumi Telah Terkoneksi Internet | Databoks.” 2018. 4 Miliar Penduduk Bumi Telah Terkoneksi Internet | Databoks. 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/23/4-miliar-penduduk-bumi-telah-terkoneksi-internet.

Mandiberg, Michael. 2012. The Social Media Reader. New York: New York University Press.

Tu, P. N. V. (1994). Dynamical system: an introduction with applications in economics and biology. New York: Springer-Verlag.

Ulum, Miftahul. (2018). Buku Statistik. Malang: stikesmalang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.