Analisis Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Karakter Bangsa

Nursyifa Amalia, Rani Rosmalia Hanifah, Ahmad Yani

Sari


Fokus utama di dunia global saat ini adalah persaingan dunia pendidikan, salah satunya pendidikan matematika. Pendidikan matematika memiliki peran penting bagi masyarakat dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk membangun peradaban sebuah bangsa perlu adanya upaya yang serius terhadap karakter individu. Metode penelitian yang dipilih adalah studi literatur. Pengumpulan data diperoleh dari hasil menganalisis artikel-artikel penelitian terkait dengan nilai-nilai karakter yang diberikan kepada peserta didik pada saat pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan matematika berguna sebagai membangun karakter peserta didik yang diharapkan menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, ketercapaian hasil belajar yang baik, dan nilai-nilai karakter yang telah diberikan oleh guru saat pembelajaran matematika di kelas mampu diimplementasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Karakter yang dapat dibangun dalam pembelajaran matematika di tengah perkembangan IPTEK yang semakin maju diantaranya yaitu kejujuran, cinta ilmu, konsisten, disiplin, kerja keras, berfikir logis, percaya diri, kreatif, inovatif, dan adaptif.

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, W., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). “Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8 No. 2, April 2022

Asdarina, Orin, dan Nurvi Arwinda. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema Journal Vol. 2 (1), Januari 2020.

Bilda, Westi. (2016). Pendidikan Karakter Terencana Melalui Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, 2(1) May 2016. http://alphamath.ump.ac.id

Juwita, I., Pendi, P., & Kurniasi, E. R. (2020). “Analisis Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Simpangkatis kelas VIII dan MA Muhammadiiyah Gantung kelas X MIA”. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 73-82.

Kartiningrum, E. D. (2015). panduan penyusunan studi literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Politeknik Kesehatan Majapahit. Mojokerto

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas: Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Vol. 5, No. 2, Juli 2019

Pertiwi, Indah dan M. Marsigit. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 153-165

Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Jurnal EMASAINS Vol. V, No. 1, Maret 2016

Suyanto, Slamet. (2011). Peran Pendidikan Matematika Dalam Pengembangan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Yudha, Firma. (2019). “Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.5 No. 2. Hal 87-94

R. Maisaroh Rezykiyah Siregar dan Izwita Dewi. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 4, No. 3 (2022): 77-89

Rahman, Abdul. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 3, Desember 2016 disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika ke-4 Universitas Tadulako.

Retnawati, Heri. (2018). Peran Pendidikan Matematika dalam Memajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Membangun Bangsa. Makalah pada Seminar Nasional dan Lomba Matematika ke-26, Universitas Negeri Yogyakarta, 17 Februari 2018

Rudyanto, H. E., dan W. A. Retnoningtyas. (2018). Integrasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol. 1 (34-43) Juli 2018. Universitas PGRI Madiun. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.