Pengaruh Self Regulation Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII

Mufliha Dzahabiyyah, Nurul Hikmah, Dudung Ahludin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh self regulation learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 106 Jakarta tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 280 siswa. Dalam penelitian ini, diambil sampel sebanyak 56 siswa kelas VII SMP Negeri 106 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay 10 butir soal dan angket sebanyak 20 butir yang telah di validasi secara empiris. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 82,01 dan Ftabel = 4,02. Oleh karena Fhitung > Ftabel (82,01 > 4,02) terdapat pengaruh yang signifikan antara self regulation learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dzahabiyyah, M., Utami, A. U., Fauzi, R. B., Fatimah, S., & Purnama, I. M. (2023). Identifikasi materi yang dianggap sulit mata pelajaran matematika jenjang SD kelas 2. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10, 103–110. https://proceeding.unindr.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6476

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Grahani, F. O., Agustin, A., Lailiyah, A. F., & Valentina, N. (2023). SELf regulated learning bagi mahasiswa reguler dan akademik. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper, 9(1), 388–394. https://doi.org/10.38156/gesi.v10i1.304

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1), 59-65. https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708

Hidayat, M. A., & Rahmi, S. (2022). Teknik belajar matematika yang menyenangkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464

Nainggolan, M. L., Yuni, Y., & Suryanti, Y. (2020). Hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 180-188. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/729

Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas media powerpoint dalam pembelajaran materi luas daerah segitiga untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760–2768. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/931

Ramadoni, & Fatma, H. Y. (2022). Hubungan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep teorema pythagoras siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.30822/asimtot.v4i2.2337

Regina, U. C., Toriana, T., Anitra, R., & Setyowati, R. (2021). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 154–162. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4896

Risdiyanto, F. V., & Azizah, D. (2024). Pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Prosandika Unikal, 5, 305–312. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1799

Siregar, M. S., Ahmad, M., Nasution, F. H., & Nasution, F. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi penerapan teorema phytagoras. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 71–79. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sutama, S., Hartini, S., & Novitasari, M. (2019). Kemandirian dalam pembelajaran matematika di madrasah tsanawiyah. Jurnal Varidika, 30(2), 7–14. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7569

Syafitri, A., Atariq, D., & Saputri, R. E. (2024). Pengaruh self-regulation learning dan self- efficacy terhadap prestasi akademik. Cendekia Pendidikan, 3(6), 81–90. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 69–87. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.69-87

Winata, R., Friantini, R. N., & Sukirno, S. (2021). E-learning: kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika pada pembelajaran dengan google classroom. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148–157. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/9787

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2174


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.