Analisis Kecerdasan Logika Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan

Mailizar Mailizar

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan logika matematika dalam membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait soal cerita materi himpunan siswa kelas VII SMP Islam Alhidayah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel sebanyak 25 siswa namun diambil 3 siswa untuk dianalisis dengan cara purposive sampling. Penelitian ini, dianalisis kecerdasan logika matematika siswa dengan mengelompokkan 3 kategori yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 soal uraian pada materi himpunan. Hasil penelitian menyatakan bahwa kesimpulan pada penelitian tersebut adalah kecerdasan logika matematika pada materi himpunan sebagian siswa mampu menggunakan logikanya dengan baik dan sebagian siswa kurang mampu menggunakan logikanya dengan baik pada saat menyelesaikan soal cerita uraian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfi'inayatul,F.(2019). Analisis Kecerdasan Logis Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII-C MTSN 2 Tulungagung Pada Materi Aljabar

Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30-36.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116-126.

Sugiyono. (2016).”Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: PT Alfabet

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.