Pengembangan Alat Peraga KAMBAR (Kartu Main Aljabar) untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Di SMK Harapan Baru Bekasi

Annisa Nuraini, Laila Rizki Apriliani, Mega Erba Resti

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan alat peraga KAMBAR (Kartu Main Aljabar) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi Aljabar. Dalam penelitian ini, digunakan metode Pengembangan yang menggunakan subjek sebanyak 34 orang siswa kelas X SMK Harapan Baru Bekasi yang berlokasi di Jl. Raya Perjuangan No.29, RT.003/RW.008, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17123. Penelitian jenis research and development ini menggunakan model ADDIE melalui tahapan: Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Untuk mengetahui seberapa pengaruh keefektifan alat peraga membantu siswa dalam pembelajaran Aljabar, bisa dengan cara melihat hasil belajar sebelum menggunakan alat peraga sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga. Hasil penelitian ini dapat dikatakan berpengaruh jika sesudah menggunakan alat peraga siswa dapat memiliki nilai lebih tinggi dari sebelumnya serta dikatakan penggunaan Alat Peraga memiliki kemampuan dan keefektifan pada hasil belajar siswa. Alat Peraga memberikan pengaruh sekitar 25% untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi Aljabar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Pada Materi Bank Untuk Siswa Kelas X II S MAN 2 Lamongan. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 6, 144-149.

Halimi. A., & Agustini, F. (2021). Analisis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok dengan Menggunakan Model Konstruktivisme Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 10-16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/29859

Khotimah, S.H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259

Manurung, E. N., Prihatini, L., Hudriyah, M., Khoirunnisa, C. S., & Pratiwi, N. (2021). Upaya menciptakan belajar matematika yang menyenangkan di masa pandemi dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun datar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1), 73–81. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/12860

Mariyah., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B.E.T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 240-250. http://jurnal.unissula.ac.id

Putra, L. V. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivistik Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sdn Piyanggang 02. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1), 124–131. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/470/393

Ratuanik, M., Watunglawar, Y., & Nay, F. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, 1(2), 12-26. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/leibniz/article/view/52

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tanjung, Y. T., & Nasution, A. F. (2020). Pelatihan perancangan dan aplikasi alat peraga matematika sekolah menengah pertama. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 436–440. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/509

Tyaningsih, R. Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Geometri Ruang Berbasis Van Hiele Levels Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 2. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 171-186. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/236

Wiratomo, Y., Karim, A., & Apriyanto, T. (2018). Pengembangan film animasi matematika barisan dan deret bilangan kelas III SD menggunakan stop motion studio. Prosiding SENAMKU, 1, 141-152. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2731

Yuniarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada Pembelajaran Geometri di Kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71-78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3327/pdf

Zaki, M., Anwar, A., & Amalia, R. (2021). Workshop Manipulasi Alat Peraga Matematika Untuk Guru SD Kota Langsa Aceh. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 103–107. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.39

Books

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). Deepublish https://books.google.com/books/about/Media_Pembelajaran_Matematika.html?id=jHGNDwAAQBAJ


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.