Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA

wulan sahfira, Efri Gresinta, Mashudi Alamsyah, Aan Risdiana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 48 Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group, melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes esai berdasarkan indikator berpikir kritis. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung=8,47 lebih besar dari ttabel=1,664 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterlibatan aktif dalam pemecahan masalah, diskusi kelompok, dan eksplorasi konsep secara mendalam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Mardhatilla, Z. M. (2021). PhET Simulation Sebagai Penunjang Pembelajaran IPA Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1(1), 441–448.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.