Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Materi Persamaan Garis Lurus Konteks Perahu Jong
Sari
The purpose of this study is to explore the problem-solving abilities of eighth-grade students at SMP Negeri 7 Tanjungpinang on the topic of linear equations in the context of Malay culture through the traditional Jong Boat form. The method used is descriptive qualitative, with data collection techniques including three essay questions and structured interviews. The sample consisted of 37 students from class VIII.7, and the data were analyzed through data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results showed that 3 students were in the low category, 28 in the medium category, and 6 in the high category. These findings indicate that the majority of students have moderate problem-solving abilities, with varying levels of performance.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tanjungpinang pada materi persamaan garis lurus dengan konteks budaya melayu melalui bentuk perahu jong. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dengan tiga butir soal uraian dan wawancara terstruktur. Adapun sampel penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas VIII.7 dengan teknik analisis melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan 3 siswa kategori rendah, 28 sedang, dan 6 tinggi. Temuan ini menjelaskan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan sedang dengan variasi kemampuan pemecahan masalah yang beragam.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alawiyah, T., & Sari Saraswati. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Mts Midanutta’Lim. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2), 100–110. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2098
Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179–188.
Aprilia, K., Hepsi, N., & Yani, S. (2020). Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring.
Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, X(X), 199–214.
Azni, T., & Jailani. (2015). Jurnal riset pendidikan matematika. Riset Pendidikan Matematika, 2(November), 284–295.
Diningtyas, G. W., Rahmatina, D., Azmi, R. D., & Riau, U. (2025). SOAL KONTEKSTUAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI ADVERSITY. 6(1), 54–63.
Febrian, F., Astuti, P., & Susanti, S. (2022). Ethnomathematics in Creating Tanjak from Tanjungpinang. https://doi.org/10.4108/eai.3-11-2021.2314833
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Malikah, S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa pada barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori Polya. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2579
Prastiyo, A. P. P., Nugroho, A. A., Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas III Materi Bilangan Cacah Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 151–159. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8400/6986
Pratiwi, Y. I., Handayani, I., & Suharyo, S. (2024). Pelatihan Karya Ilmiah Dengan Metode Data Kualitatif Dan Kuantitatif Di SMA Sultan Agung 1 Semarang. Tematik, 4(2), 47. https://doi.org/10.26623/tmt.v4i2.10064
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rahmawati, A. I., & Nalurita, I. V. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa MTs. Ma’arif NU Assa’adah I Bungah. Edukasi, 22(1), 746–757. https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7814
Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Susanti, E. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Operasi Hitung dalam Permainan Tradisional Kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–8. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/10025
Suyantana, I. N. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 110–118. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i2.582
Wiraguna, S., Purwanto, L. M. F., & Rianto Widjaja, R. (2024). Metode Penelitian Kualitatif di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation.
Arsitekta : Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan, 6(01), 46–60. https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524
Yuliyani, P., Sariningsih, R., & Rohaeti, E. E. (2023). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1661–1670. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18113
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.