Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal PLSV Berbasis Etnomatematika

Novita Agustina, Sela Kartika, Bail Ihsan, Intan Wulandari, Nurdiah Indrasuary, Piterman Gulo, Febrian Febrian, Puji Astuti

Sari


Tujuan studi ini adalah untuk menjelaskan bagaimana siswa berinteraksi di kelas VIII SMPN 4 Tanjungpinang memahami konsep tentang materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), yang didasarkan pada etnomatematika. Metode deskriptif kualitatif digunakan, dengan 34 siswa sebagai subjek. Tes uraian dan wawancara digunakan, dan data dianalisis dengan indikator kemampuan untuk memahami konsep. Hasil menunjukkan bahwa 15% siswa berada dalam kategori kemampuan pemahaman rendah, 67% memiliki kategori sedang, dan 18% memiliki kategori tinggi. Meskipun siswa menghadapi kesulitan dalam menunjukkan dan menerapkan konsep, mereka cenderung memahami prosedur. Dari empat indikator, "menyatakan ulang konsep" adalah yang paling banyak digunakan, sedangkan "mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah" adalah yang paling sedikit digunakan. Permainan congklak, misalnya, berfungsi sebagai metode kontekstual untuk mengajar matematika. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya mengintegrasikan budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ausubel, D. P. (1968). Education Psychology: A Cognitive View. Holt, Rinehart and Winston.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2 (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Boas, Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(1), 81. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i3.3531

Daulay, L. K., & karo, I. M. K. (2025). Penerapan Konsep Dasar Aljabar Linear Dalam Pemecahan Sistem Persamaan Linear Leni. Journal of Law Education and Business, 3(1), 645–649.

Fadilah, J. R., Muthtadi, D., & Sukirwan. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Dan Volume Kubus. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 57–68. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp17-22

Hajriyanto, Haris, M., Ratnaningsih, N., & Rahayu, Veni, D. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 13(1), 9–24. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp55-67

Hardiyana, B. (2020). Alat bantu pembelajaran persamaan linear satu variabel ( plsv ) dalam menentukan bentuk setara dan akar penyelesaian plsv. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 6(2), 63–71.

Irmayanti, Rohani, Laili Habibah Pasaribu, Indah Fitria Rahma, & Rahmi Nazliah. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Numeracy, 7(2), 240–254. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1205

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Countil of Teachers of Mathematics.

Nisa, I. K., Putri, A. R., Rohmah, S. N. A. B., & Hamidah, D. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi PLSV Melalui Pendekatan PMRI. Indonesian Journal of Mathematics Education, 01(01), 37–50. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Nur, A., Lempan, T., & Yitra, M. (2024). MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI SMPN 1 TINAMBUNG. 2(2), 243–250.

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37

Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785

Rayhan, A., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Smp Pada Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (Plsv). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 334–346. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.10631

Savitri, D., & Izzati, N. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 94–100.

Serina, Kadarisma, G., Hendriana, H., & Zanthy, Sylviana, L. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1079–1086. https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.293

Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. MAthematics Teaching, 77, 20–26.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.