Tantangan Mahasiswa Akuntansi Dalam Memahami Etika Profesi Akuntansi Di Era Kontemporer

Sabrina Pransiska

Abstract


Perkembangan globalisasi dan transformasi teknologi di era Revolusi Industri 4.0 telah menuntut profesional akuntansi untuk tidak hanya menguasai kemampuan teknis, tetapi juga memiliki pemahaman etika yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa akuntansi semester 4 dalam memahami dan menginternalisasi etika profesi akuntan di tengah dinamika era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) X, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur terhadap sepuluh mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah etika profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi sejumlah hambatan, antara lain pendekatan pembelajaran yang masih dominan teoritis, kurangnya integrasi isu-isu digital dan teknologi terkini, minimnya pengalaman praktik etis, serta tidak adanya role model profesional yang dapat dijadikan teladan. Selain itu, mahasiswa juga cenderung menempatkan mata kuliah etika sebagai pelengkap, bukan sebagai elemen fundamental profesi akuntan. Temuan ini menunjukkan perlunya pembaruan kurikulum etika profesi yang lebih kontekstual, aplikatif, dan berbasis studi kasus, serta penguatan pembelajaran etika melalui pengalaman langsung dan keteladanan. Dengan pendekatan pendidikan yang lebih holistik, diharapkan mahasiswa mampu membangun kesadaran etis yang kuat dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang kompleks.
Kata kunci: Akuntansi; Etika; Mahasiswa; Pendidikan; Teknologi.


References


Aspasia, C. U., & Marsofiyanti. (2024). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sosial terhadap Persepsi Sikap Etis Pada Mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Journal Innovation in Education, 2(4), 250-263. Diperoleh dari https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/INOVED/article/view/1931/2307

Ayem, S., & Leni, L. D. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Terhadap persepsi etis Mahasiswa Auntansi dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Perguruan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Akuntansi, 12(2), 277-293. Diperoleh dari https://journal.maranatha.edu/index.php/jam/article/

Bani, M. M., & Setyani, A. Y. (2025). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Profesi Akuntan Pada Perguruan Tinggi Yogyakarta. JAFM: Journal of Accounting and Finance Management, 6(1), 433-441. Diperoleh dari https://dinastires.org/JAFM/article/view/1722

Karo, L. E., & Deliana, D. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Profesi Akuntan (Studi pada Perguruan Tinggi Negri dan Perguruan Tinggi Swasta di Medan). JAKP: Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Perpajakan, 5(2), 71-77. Diperoleh dari https://ojs.polmed.ac.id/index.php/jakp/

Mardana, I. S., Junaidi, & Anwar, S. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi di Pandang dari Segi Gender (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Unisma). E-JRA, 11(1), 13-19. Diperoleh dari https://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/17812

Prasetio, T. (2024). Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Terhadap Dampak Artificial Inteligence Pada Profesi Akuntan. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 22(1), 29-36. Diperoleh dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/download/20453/6366

Rahayu, P., A, D. I., Afrilla, c. N., & Sandara, T. E. (2025). Persepsi Mahasiswa akuntansi Terhadap Etika Profesi dalam Praktik Akuntansi di Era Digital pada Universitas 17 agustus 1945. Neraca Manajemen, Ekonomi, 13(10). Diperoleh dari https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/10021/8823




DOI: https://doi.org/10.30998/dinamika.v2i1.8358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.