PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK KULIT IKAN DI PT KUI INDO FISHSKIN

ALTATIT DIANAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian keripik kulit ikan pada PT Kui Indo Fishskin, baik secara parsial maupun simultan. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner  sementara data sekunder diperoleh dari literatur dan sumber relevan lainnya. Populasi penelitian adalah konsumen keripik kulit ikan PT Kui Indo Fishskin dengan sampel sebanyak 35 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengolahan data meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian keripik kulit ikan. Adapun variabel kualitas produk dan variabel citra merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, semua variabel independen (harga, kualitas produk, dan citra merek) secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik kulit ikan (F-hitung 30,836 > F-tabel 2,09).

References


Aaker, D. A. (2021). Brand Leadership. Free Press.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.

Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management (5th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2024). Marketing Management (17th ed.). Pearson.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2021). Services Marketing: People, Technology, Strategy (9th ed.). World Scientific Publishing.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2023). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.

Priyatno, D. (2018). SPSS: Analisis Data untuk Bisnis & Riset (Revisi). Gava Media.

Sari, V. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi pada Mahasiswa FKM UNDIP). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 162-171.

Sarstedt, M., & Mooi, E. (2019). A Concise Guide to Market Research: The Process, Data, and Methods Using IBM SPSS Statistics (3rd ed.). Springer.

Schiffman, L. G., & Wirtz, J. (2022). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (8th ed.). Wiley.

Solomon, M. R. (2020). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (13th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2021). Pemasaran Strategik (5th ed.). Andi.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2021). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (8th ed.). McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.30998/dinamika.v2i1.8365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.