PEMANFAATAN KEGIATAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DI MAGNETMARKET AGENCY
Abstract
Pendampingan kewirausahaan dapat menjadi bentuk pengabdian masyarakat yang berdampak langsung untuk UKM secara berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan di Magnetmarket Agency, sebuah agensi kreatif dan pemasaran digital yang didirikan dan dijalankan secara professional. Dengan pendekatan berbasis teknologi, efisiensi operasional, dan kreativitas konten, agensi ini berfokus membantu pelaku UMKM meningkatkan daya saing di era digital. Model kerja secara hybrid, pemanfaatan cloud platform, serta layanan berbasis data menjadi fondasi utama dalam strategi bisnis. Kegiatan ini telah memberikan kontribusi nyata bagi berbagai UMKM dalam hal kesadaran merek, visibilitas digital, dan pertumbuhan penjualan. Temuan menunjukkan bahwa pendampingan berdampak positif bagi pelaku usaha,/UKM.. Selain memperkuat kompetensi manajerial pelaku usaha, kegiatan ini juga mendorong transformasi digital UMKM serta membuka potensi pertumbuhan bisnis berkelanjutan di masa depan.
Kata Kunci: Kewirausahaan; UMKM; Pemasaran Digital; Agensi Digital Kreatif; Digitalisasi Bisnis; Pengabdian Masyarakat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284
Dote-Pardo, J., Ortiz-Cea, V., Peña-Acuña, V., Severino-González, P., Contreras-Henríquez, J. M., & Ramírez-Molina, R. I. (2025). Innovative Entrepreneurship and Sustainability: A Bibliometric Analysis in Emerging Countries. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 17, Issue 2). Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). https://doi.org/10.3390/su17020658
Handayani, N., & Soerparan, P. (2025). desim handayani. Akutansi Pajak dan Kebijakan Ekonomi Digital, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/apke.v2i1.836
Islam, D., Zaki Kurniawan, M., Masrunik, E., Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, P., Trunojoyo Madura, U., Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi, P., & Islam Balitar Blitar, U. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Gresik.
Kadin Indonesia. (2023). Data dan statistik UMKM Indonesia. Kadin Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
Katadata. (2023, Maret). Pengguna internet di Indonesia tembus 213 juta orang hingga awal 2023. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/d109a45f4409c34/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023#:~:text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,on year/yoy (diakses pada 1/3/2025,
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676
Reza, Santoso, B., & Dewi Eka. (2020). desim manaf. International Journal of Social Science and Business.
Safarudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). desim safarudin.
Umar, F., Septian, M. R. A., & Pertiwi, D. A. A. (2023). Effect of Digitalization on Business Performance in the MSME Industry Context. Journal of Information System Exploration and Research, 2(1). https://doi.org/10.52465/joiser.v2i1.199
Ustadus Sholihin, & Sudarmiatin Sudarmiatin. (2024). Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM Melalui Digital Marketing. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 157–170. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i2.1856
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. https://www.researchgate.net/publication/344211045
DOI: https://doi.org/10.30998/dinamika.v2i1.8366
Refbacks
- There are currently no refbacks.