PENGARUH INOVASI PRODUK DIGITAL DAN KUALITAS PELAYANAN PLATFORM DIGITAL B-FLASH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ASURANSI JIWA DI PT ABC
Abstract
Industri asuransi jiwa menghadapi tantangan dan peluang besar di era digital. Untuk menarik minat konsumen, terutama generasi muda, perusahaan perlu berinovasi dalam produk dan layanan digital. Kualitas pelayanan pada platform digital menjadi krusial untuk membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah. PT ABC telah meluncurkan platform digital B-Flash untuk mempermudah proses pengajuan dan meningkatkan kualitas pelayanan asuransi jiwa. Data internal menunjukkan keberhasilan B-Flash dengan peningkatan 150% pengguna aktif, 85% tingkat kepuasan pelanggan, dan peningkatan kontribusi penjualan digital dari 20% menjadi 40% dalam dua tahun. Selanjutnya tujuan dalam penelitian ini pengaruh inovasi produk digital dan kualitas pelayanan platform B-Flash benar-benar efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian asuransi jiwa di PT ABC. Adapun metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data survey menggunakan google form Besaran jumlah sampel yang ditarik ditentukan secara proporsional sesuai dengan persentase jumlah nasabah PT ABC dalam satu tahun terakhir sebanyak 95.40 dan di bulatkan menjadi 100 nasabah (Responden). Adapun Teknik analisi data menggunakan software statistic Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa model pengukuran valid dan reliabel, dengan sebagian besar indikator menunjukkan loading factor yang kuat dan signifikan secara statistik. Inovasi produk dan kualitas pelayanan terbukti memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, di mana kualitas pelayanan (korelasi 0,838) menunjukkan hubungan yang lebih kuat dibanding inovasi produk (korelasi 0,726). Secara bersama-sama, X1 dan X2 mampu menjelaskan 76,4% variabilitas keputusan pembelian (R Square = 0,764). Lebih lanjut, analisis path coefficient mengonfirmasi bahwa kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Meskipun demikian, kualitas pelayanan (koefisien = 0,633) memiliki pengaruh yang lebih dominan dan kuat dibandingkan inovasi produk (koefisien = 0,321) dalam memengaruhi keputusan pembelian.
Kata kunci: Jasa, Inovasi Produk Digital, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fatihudin Dan Firmansyah. (2020). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) Cetakan Pertama. Yogyakarta. Deepublish. Hal. 206.
Ghozali, Imam & Hengky, Latan (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik
dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas
Diponegoro Semarang
Hardani MSi, A., Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Hidayati et al. (2024). 68479-168219-1-SM. Journal of Social Sciences and Humanities, 4, 1–18.
Huda, N. (2020). Manajemen SDM (Ananlisis Kinerja Karyawan Pada Perusahaan) Cetakan Pertama. Sumatra Barat.: Insan Cendikia Mandiri.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya. Unitomo Press. Hal. 9, 39, 41, 61, 62, 63, 82, 92.
Jaya, M. L. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Cetakan Kedua. Yogyakarta.: Quadrant
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Dipetik Maret 7, 2023
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2023). Draft Roadmap Pengembangan Perasuransian Indonesia. https://ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/rancangan regulasi/Documents/Draft%20Roadmap%20Pengembangan%20Perasuransian%20Indonesia.pdf.
Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Samudra Biru. Hal. 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Pertama. Bandung.: Alfabeta.
Sujarweni, W. (. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta.: Pustakabarupress.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran(3rd ed.). Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.30998/dinamika.v2i1.8378
Refbacks
- There are currently no refbacks.