LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS X SMA ISLAM BINA INSAN JONGGOL

Ahiruddin Ahiruddin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini dimaksud untuk mengetahui tentang “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Islam Bina Insan Jonggol”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen menggunakan Pre-Eksperiment One Group Pre-Test and Post-Test Design. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 Sekolah Menengah Atas Islam Bina Insan Jonggol, Jumlah populasi 192 siswa dengan menggunakan teknik Non Puposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diadaptasi dari skripsi yang relavan dengan penelitian. Teknik data dilakukan dengan cara uji non parametric dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian disimpulkan secara umum bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Hal ini dapat dilihat jelas bahwa probabilitas Asymp.sig. (2-tailed) keterampilan sosial pada peserta didik pre-test dan post-test sebesar 0,005. Hasil penelitian ini berguna untuk sekolah dalam merancang program bimbingan kelompok agar lebih efektif guna membantu mengembangkan potensi dan mengentaskan permasalahan siswa.

Kata kunci : Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama; Keterampilan Sosial


References


Asmarawati, A. P., Sutarno, & Syamsuri, A. (2014). Keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 2(2), 1–8.

Damayanti. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Yogyakarta.

Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur layanan bimbingan dan konseling kelompok (Panduan praktis menyeluruh). Mujahid Press.

Setiani, T. (2014).“Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman” (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2014). h. 13

Sugiono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/dinamika.v2i1.8386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.