EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KELUARGA PADA SATUAN PENDIDIKAN

imam suseno

Sari

Evaluasi program ini bertujuan menggali substansi isi dan implementasi program pendidikan keluarga pada Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Ditbindikkel) tahun 2017. Program Pendidikan keluarga bertujuan membentuk ekosistem pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan jalan menjalin kemitraan dari tri sentra pendidikan yaitu satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Terbentuknya ekosistem pendidikan yang mengedepankan kesamaan hak, semangat kebersamaan berasaskan gotong-royong, serta mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi anak antar anggota tri-sentra pendidikan diyakini mengimbas pada peningkatan kualitas pendidikan dan terbentuknya karakter serta budaya literasi siswa. Menggunakan sumber data utama yaitu langsung dari dari Pimpinan dan staff Ditbindikkel, diperoleh simpulan bahwa capaian kinerja dan implementasi program pendidikan keluarga pada satuan pendidikan telah berjalan sesuai dengan sangat baik dalam mewujudkan visi dan misi Direktorat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Laporan Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Tahun 2016.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Tahun 2017.

Neolaka, Amos dan Neolaka Grace Amialia. 2017. Landasan Pendidikan, Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods. California: Sage Publication.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nomor 127 Tahun 2017.

Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.

Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Manajemen. Jakarta: Rajawali Pres.

Tilaar. 2008. Managemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

VE Meidasari , I Suseno dan A Kosasih. 2014. Kualitas Kognitif Dalam Integrasi Taksonomi Bloomdan Taksonomi Solo (Analisis Pengaruh Tingkat Sosial Mahasiswa FKIP PTS DKI Jakarta Dan Di Yogyakarta). Bandung: Prosiding Snapp2014 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.