PENINGKATAN PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN STRATEGI SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER AND THINK) PADA SISWA KELAS X
Sari
Penelitian ini membahas tentang peningkatan pemahaman bacaan bahasa Inggris dengan menggunakan strategi SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer and Think pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 2 Depok pada mata pelajaran bahasa Inggris). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain faktorail 1x 2. Dimana terdapat kelas ekesperimen dan kelas control. Kelas eskperimen diajarkan dengan strategi SCAIT sedangkan kelas control tanpa strategi SCAIT. Proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan cara eksperimen ke lapangan, serta observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman membaca berdasarkan taksonomi Barret. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,049 dengan db 61 dan p sebesar 0,045. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 61 dan taraf signifikansi 5% (2,049>1,994). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman membaca pemahaman antara siswa kelas X SMKN 2 Depok yang mengikuti pembelajaran membaca menggunakan strategi SCAIT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca tanpa menggunakan strategi SCAIT. Setelah dilakukan uji-t pretest posttest masing-masing kelompok, terlihat bahwa thkelompok eksperimen lebih besar dari ttabel pada db 31 (9,080 > 6,702). Hal ini menunjukkan bahwa strategi SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) efektif digunakan dalam pembelajaran pemahaman siswa kelas X SKMN 2 Depok.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.