EFEK METODE LATIHAN SIRKUIT DAN METODE RANGKAIAN BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN BOLAVOLI

Yuni Astuti, Ali Mardius

Sari

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengungkapkan tentang efek metode latihan sirkuit dan rangkaian bermain terhadap keterampilan teknik dasar bolavoli mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan pengaruh metode latihan sirkuit dan rangkaian bermain terhadap keterampilan teknik dasar bolavoli. Penelitian ini akan dilakukan di Lapangan bolavoli Universitas Bung Hatta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode latihan sirkuit terhadap keterampilan teknik dasar bolavoli dengan thitung = 16,90 > ttabel = 2,20. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode rangkaian bermain terhadap keterampilan teknik dasar bolavoli dengan thitung = 9,62 > ttabel = 2,20. 3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan sirkuit dengan metode rangkaian bermain terhadap keterampilan teknik dasar bolavoli. Namun berdasarkan hasil tes akhir keterampilan teknik dasar bolavoli menggunakan metode latihan sirkuit diperoleh nilai rata-rata hitung 64,25 dan metode rangkaian bermain 63,33 dengan perbedaan nilai rata-rata yaitu hanya 0,92.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers.

Ahmad Adib An’Amta dan Nurhikmahyanti Desi. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Olahraga Dan Sarana Prasarana Keolahragaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Cabang Olahraga Voli Pantai Di Upt Sma Negeri Olahraga Provinsi Jawa Timur. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3 No. 3.

Astuti Yuni 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bolavoli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Jurnal Al Ibtida. Vol 4 No. 1.

Barzouka K., Sotiropoulos, K., Kioumourtzoglou, 2015. The effect of feedback through an expert model observation on performance and learning the pass skill in volleyball and motivation. Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), 15(3), Art 61, pp. 407 - 416

Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineke Cipta.

Erianti. 2011. Buku Ajar Bolavoli. Padang: FIK UNP.

Harsono. 1988. Prinsip-Prinsip Pelatihan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.

Hendri Irawadi. 2010. Kondisi Fisik dan Pengukurannya. Padang: FIK Universitas Negeri Padang.

Hidayat Akhmad Slamet Nur. 2015. Peningkatan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli. Melalui Metode Team Games Tournament Kelas Xi Mia 5 Sman 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 11, Nomor 2, November 2015.

Khairul Hadziq. 2013. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Rama Widya.

Malik Arief Abdul, dkk. 2013. “Ular Tangga Olahraga” Media Permainan Edukatif Untuk Olahraga Dengan Menggunakan Sistem Sirkuit Training Bagi Siswa Kelas X Sma Negeri Ajibarang Tahun Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation (2).

Margiyani. 2008. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kls. 4 SD/MI. Jakarta: Bumi Aksara.

Saptono Tri. 2013. Perbedaan Pengaruh Metode Mengajar Reciprocal Dan Self Check Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 9, Nomor 2.

Sri Wahyuni. 2013. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Semester 1. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Surtiyo. 2013. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syafruddin. 2004. Permainan Bolavoli. Padang.: FIK UNP.

Syafruddin. 2011. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Padang; UNP Press.

Zan Gao, Leslie Podlog, Chaoqun Huang. 2012. Associations among children’s situational motivation, physical activity participation, and enjoyment in an active dance video game. Journal of Sport and Health Science (2) 122-128.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.