PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK IMPLEMENTASI SISTEM HISTORI REKAM MEDIS PASIEN

Wiyanto Wiyanto, Sufajar Butsianto, Karsito Karsito

Sari

Teknologi informasi berkembang sangat pesat pada abad ini, diberbagai aspek organisasi sangat memerlukan teknologi informasi untuk menunjang kinerja dan proses bisnis sehari-hari. Pada pelayanan kesehatan sangatlah diperlukan teknologi informasi dalam pengolahan dan penyimpanan data rekam medis pasien, sehingga histori rekam medis pasien terjaga dengan baik, dan keuntungan yang kompetitif dapat diperoleh antara pasien dan poliklinik. Penerapan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) dapat dikembangkan dengan diimplementasikan sistem informasi histori rekam medis untuk mendapatkan pelanggan/pasien baru dan mempertahankan pasien lama, meningkatkan hubungan dengan pasien dan mempertahankan pasien supaya terciptanya kesetiaan pasien terhadap pelayanan poliklinik serta dapat mendukung suatu perusahaan/organisasi untuk menyediakan pelayanan prima kepada pelanggan secara real time melalui penggunaan teknologi informasi. Target dalam penelitian ini ialah mengetahui histori rekam medis pasien dengan pendekatan Customer Relationship Management (CRM) dan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk perancangan sistem, validasi sistem menggunakan Forum Group Discussion (FGD), serta menggunakan pengujian perangkat lunak Model ISO 9126. Hasil dari penelitian ini ialah berupa Sistem Informasi Histori Rekam Medis dan hasil dari validasi sistem dengan FGD diterima 100%, hasil pengujian sistem menggunakan Model ISO 9126 adalah baik dengan tingkat keberhasilan 82,86%, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap poliklinik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Al-Qutaish, Rafa, E. (2010). “Quality Models in Software Engineering Literature: An Analytical and Comparative Study.” Journal of American Science, Vol. 6:166-175.

Halim A., Samidi dan Moedjiono, (2014). Prototipe Sistem Kemahasiswaan Pada Universitas Berbasis Android Dengan pendekatan Customer Relationship ManagementStudi Kasus Pada Universitas XYZ. Jakarta.

Kalkota, Ravi, and Robinson, Mercia., (2001). E-Business 2.0, Roadmap for Success, 2nd Ed, Person Education. New Jersy.

Koentjoro, N., (2005). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Mcleod, R.J., Schell, G., (2001). Management Information System, Prentice Hall, London.

Montana, Sugiarto., (2010) Pengembangan CRM berbasis sistem E-Commerce, Jakarta.

Riawenny, Lesly., (2011). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi E-Business Berbasis CRM. Jakarta.

Wijaya,S., Darudianto, S., (2009). ERP & Solusi Bisnis. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wiyanto, (2014). Prototipe E-Customer Order Untuk Integrasi Dengan Sistem ERP SAP R/3 Menggunkan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Studi Kasus Pada PT. MKIR. Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.