PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SAINS BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN PAUD

Rika Partika Sari

Sari

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu cara agar tujuan pendidikan bangsa dapat tercapai seperti apa yang diharapkan. Hal ini dapat dilaksanakan dengan meningkatkan peranan komponen pendidikan antara lain media pembelajaran sebagai dampak kemajuan teknologi. Media audio visual sains bahan alam merupakan salah satu media pengembangan yang bisa digunakan dalam pembelajaran PAUD. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media audio visual sains bahan alam dan tidak menggunakan media audio visual sains bahan alam pada mahasiswa A1 semester 2 PAUD FKIP Universitas Dehasen Bengkulu. Metodologi penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan pendidikan (R&D) dengan prosedur indoor education melalui metode CRH (Course Review Horay). Hasil penelitian menunjukan didapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan keaktifan belajar mahasiswa kelas eksperiment sebesar 43 (Baik) dan pada kelas kontrol sebesar 40 (Baik). Sedangkan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukan melalui hasil rata-rata post test menyatakan bahwa rata-rata post test kelas eksperiment sebesar 84 dan pada kelas kontrol sebesar 64. Nilai mahasiswa pada kelas eksperimen dengan perlakuan pembelajaran menggunakan media audio visual sains bahan alam lebih tingi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual.

Kata kunci : audio visual, sains, bahan alam, media, pembelajaran PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Rajawali Press : Jakarta.

Haryoko. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.Jurnal Edukasi@Elekktro. Vol. 5, No. 1 Maret 2009. Universitas negeri Makasar.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

Supriatna, Dadang. 2015. Pengenalan Media Pembelajaran. Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Luar Biasa.

Puspitasari, Menik, dkk. 2015. Keefektifan Penggunaan ModelPembelajaran Problem Based Learning dan Course Review Horay Terhadap Kemampuan Berhitung Pecahan. Jurnal Didaktika Vo. 3 No. 4 Tahun 2015 (diakses 10 Februarri 2015).

Sugiono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian. Rineka Cipta : Jakarta

Hartono. 2011. Analisis Data Statistika dan Penelitian Menggunakan SPSS 16.0. Pustaka Pelajar : Jakarta.

Supranto. 1994. Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga : Jakarta.

Fatahudin. 2008. Penerapan Media audio Visual pada Pembelajaran Materi Minyak Bumi dalam Upaya Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Siswa kelas X SMAN 2 Malang. Universitas Negeri Malang : Malang

Victoria, Maria. 2010. Tesis. Pengembangan Media CD Interaktif CBI. UPI : Jakarta.http://abstrak.digilib.upi.edu/Direktori/TESIS/PENGEMBANGAN_KURIKULUM/0808852_%20MARIA%20VICTORIA/T_PK_0808852_Chapter4.pdf

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.