URGENSI LITERASI EKONOMI PADA ERA INDUSTRI 4.0: STUDI NARATIF DI KALANGAN GURU SMP NEGERI KOTA TANGERANG SELATAN
Sari
Purpose of this study is to provide a description of economic literacy among teachers of Junior High School in Negeri Tangerang Selatan. Peoples needs to have economic literacy in order to be able to properly make decisions related to the fulfillment of life needs. The research method is qualitative with narrative strategy, that is giving a picture of meaning, value, or thinking of respondents who are able to contribute to the social environment. Sampling technique using purposive sampling, the selection of samples is based on several considerations and the sample in this study are teachers who have been certified.
Keywords: economic literacy, teacher, certification, industry 4.0
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Budiwati, Neti. (2014). Analisis Literasi Ekonomi Dan Perilaku Konsumen (Survey Pada Guru SMA di Kota Bandung). Disertasi. Bandung: UPI.
Creswell, John W. (2010). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed: Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hapsari, Sri dan Shahroza, Dhova. (2014). Pendidikan Kewirausahaan di Lapas dengan Pendekatan Minat Usaha. Vol. 2 (1): 47-55.
Hapsari, Sri. (2015). Telaah Teoritis: Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Budaya Sekolah. Vol. 2 (2): 184-193.
Japelli, T. (2009). Economic Literacy: An International Comparison. Working paper no. 238. Italy: CSEF.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rukismono, Martinus. (2011). Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Mengambil Keputusan Memilih Jasa Transportasi Udara Lion Air di Surabaya. Vol. 5(2): 1-9.
Senduk, S. (2004). Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya: Lima Kiat Praktis Mengelola Gaji Agar Bisa Kaya. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sina, P. (2012). Literasi Ekonomi. Dalam http://ekonomi.kompasiana.com/moneter.
Susanti. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan. Surabaya: UNESA.
Swastha, Basu dan Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Barang dalam Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Syahdan, S. (2008). 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Meningkatkan Pemahaman Ekonomi. Jurnal Kebebasan: Akal dan Kehendak, vol II.
Tedjakusuma, Ritawati dkk. (2001). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya. Vol. 2(2): 48-58.
Vebrynda, Rhafidilla. (2014). Korupsi dalam Film Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 11 No. 2.
Yahya, Muhammad. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Industri. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makasar tanggal 14 Maret 2018.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.