Pengaruh Penggunaan Soal Cerita Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa yang Bermotivasi Belajar Tinggi dan Rendah (Eksperimen pada SMP Swasta Pancoran Mas Depok)
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. pengaruh soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika, 2. pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan 3. Pengaruh interaktif soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang berjumlah 60 siswa dari seluruh siswa kelas VIIdi SMP Swasta Pancoran Mas Depok. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan eksperimen langsung dikelas pada bulan Oktober 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan soal cerita matematika terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan sig 0,000 < 0,05 dengan Fhitung 31,258. (2). Terdapat pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan sig 0,029 < 0,05 dan Fhitung 5,001 dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3). Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan soal cerita matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan nilai sig 0,099 > 0.05 dan Fhitung 2,813.
Kata kunci : Soal cerita matematika, Motivasi Belajar, Hasil belajar matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Cetakan Kesembilan. Bumi Aksara.
Atmadilaga, D. (2003). Panduan Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung : CV. Pionir Jaya.
Buchori, M. (1991). Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung : CV Jemars.
Budiharsono, Sayuto., Latief, Masykuri., Sadino., Sahlan dan Djumiati, Titik. (2006). Matematika Mencakup Berhitung Untuk Kelas 5 Semester I Sekolah Dasar. Semarang : CV. Aneka Ilmu.
Dahar, R. W. (1998). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Djaali, dkk. (2000) .Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Jakarta.
Echols, J. M. dan Shadily, H. (2003). KamusInggris Indonesia.An English-Indonesia Dictionary.Jakarta :PT. GramediaPustakaUtama.
Faisal, S. (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Furchan, A. (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Harahap, B. dan Negoro ST. (2003). Ensiklopedia Matematika. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.
Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan kelas. Jakarta : Usaha Nasional.
Hudoyo, H dan Sutawidjaja, A. (1996/1997). Matematika. Jakarta : Ditjen Dikti. P2LPTK.
Hamzah Uno, dkk. (2000). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Alawiyah Press.
John B. Biggs and Kevin F. Collis. (1982). Evaluating The Quality of Learning. New York : Academic Press.
Khafid, M. Kasri dan Suyati. (2006). Pelajaran Matematika SD Kelas 5. Jakarta : Erlangga.
Miles, B, Matthew dan Huberman, Michael, A. (1996). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan. Jakarta : Universitas Indonesia.
Nurkanca, W dan Sumartana, P. P. N. (1983). Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Purwanto, M. N. (1990). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Cetakan keenam. Alfabeta
Sadiman, A. (1991). Metode dan Analisis Penelitian, Mencari Hubungan. Terjemahan. Jakarta : Erlangga.
Shadily, H. (2000). Ensiklopedia Umum. Jakarta : Kanisius.
Siverius, S. (2000). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta : PT. Grasindo.
Simanjutak, L (1998). Metode Mengajar Matematika Jilid I. Jakarta : Rineka Cipta.
Simanjutak, L. (2003). Metode Mengajar Matematika Jilid II. Jakarta : Rineka Cipta.
Sobry, S. M. (2009). Peran Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. www. Google. com
Subandijah. (1998). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sunardi. (1995). Teknik Membuat Soal Tentang Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Taksonomi SOLO. Makalah disajikan dalam ujian komprehensif Pasca Sarjana. IKIP Surabaya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.