Sari
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui capaian Education For All Development Index (EDI) Indonesia Tahun 2011-2015. Kajian studi kepustakaan yang digunakan sebagai metode dalam kajian ini. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa hasil Laporan EDI 34 Provinsi, dan Laporan PDSPK dan hasil publikasi yang relevan dengan kajian berbasis online, dengan tahapan review kepustakaan, analisis laporan-laporan, melakukan dialog dengan para akademisi, praktisi, dan pihak pemilik program EDI dalam hal ini stakeholders di lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas Jakarta. Hasil kajian menyimpulkan bahwa: 1) Rata-rata capaian EDI tahun 2011-2015 adalah sebesar 0,963; 2) Rata-rata Indeks APM SD/MI Indonesia sampai tahun 2015 adalah sebesar 0.973; 3) Rata-rata Angka Melek Huruf Usia 15 tahun keatas (AMH15+) tahun 2011-2015 adalah sebesar 0.96; 4) Rata-rata ISG nasional sejak tahun 2011-2015 telah mencapai 0,966., dan 5) Rata-rata Angka Bertahan Kelas 5 SD nasional tahun 2011-2015 telah mencapai 0.954. Secara umum capaian EDI nasional tahun 2011-2015 berhasil dengan predikat sangat tinggi hal ini berdampak pada kepercayaan Internasional bahwa Indonesia konsen dan serius dalam menyelenggarakann program pendidikan untuk semua dalam menciptakan pendidikan global yang berkualitas, dan bertanggungjawab.
Education For All Development Index, AMH15+,Angka Melek Huruf
Referensi
Ditjen PAUDNI. 2010. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia dini, Nonformal dan Informal. Jakarta: Ditjen PAUDNI
______________. 2014. Laporan Education For All Development Index 2011-2014. Jakarta: Ditjen PAUDNI
______________. 2014. Laporan Pendidikan Untuk Semua Tahun 2014. Jakarta: Ditjen PAUDNI.
______________. 2015. Evaluasi Capaian Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia dini, Nonformal dan Informal Tahun 2010-2014. Jakarta: Ditjen PAUDNI.
Ditjen PAUD dan Dikmas. 2015. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Ditjen PAUD dan Dikmas Tahun 2015. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.
Pusat Data Statistik Pendidikan. 2014. Proyeksi Penduduk Indonesia. Jakarta: Pusat Data Statistik Pendidikan.
UNESCO. 2000. Laporan Deklarasi Dakar Tentang Pendidikan Untuk Semua: Memenuhi Komitmen Kita Besama. Dakar: UNESCO.