Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Wisatawan Pengguna Perahu Motor Kayu ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu

Annisa Retno Utami, Farida Farida

Sari

Perahu motor kayu yang berfungsi mengangkut wisatawan ke tempat objek wisata harus sesuai dengan standar operasional yang berlaku agar terjaminnya keamanan dan keselamatan penumpang. Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui profil wisatawan pengguna perahu motor kayu, (2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan perahu motor kayu, dan (3) Untuk mengetahui loyalitas wisatawan yang menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 100 wisatawan yang telah menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa minimal telah melakukan perjalanan sebanyak 2 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh skor tertinggi pada variabel kualitas pelayanan perahu motor kayu pada indikator kecepatan petugas perahu motor kayu dalam memberikan pelayanan dan kesigapan petugas perahu motor kayu dalam membantu wisatawan dan hasil skor terendah pada terjaminnya keamanan dan kenyamanan selama berada di atas perahu motor kayu, sedangkan untuk variabel loyalitas wisatawan yang menggunakan perahu motor kayu hasil tertinggi pada indikator kesediaan wisatawan dalam menggunakan perahu motor kayu kembali dan untuk hasil terendah pada kesediaan wisatawan untuk menggunakan kembali walau ada perahu motor kayu yang lain

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.