ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEKERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA BAGIAN PART MOTOR (PENGGERAK) EPSON DI PT PS INDONESIA

hermanto - hermanto

Sari

Abstrak

 

Mengetahui penyebab terjadinya  penurunan tingkat produktivitas kerja karyawan di bagian part motor (penggerak) epson pada PT PS Indonesia. Metode penelitian yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas pekerja adalah metode work sampling.  Selain itu dalam pengambilan sampel menggunakan cheksheet dan menggunakan teknik sampel acak stratifikasi. Sebelum sampel dikatakan cukup maka di lakukan pengujian diantaranya: uji keseragaman dan uji kecukupan data dengan prosentase rata-rata produktif . selanjutnya adalah pembahasan menggunakan diagram pareto dengan mengetahui masalah tertinggi dari kegiatan non produktif pekerja di atas 20% , diagram ishikawa menyelesaikan penyebab permasalahan dengan beberapa faktor yaitu dari faktor manusia, metode, mesin, meteril dan lingkungan  yang terakhir untuk melakukan tindakan perbaikan dengan analisis 5W + 1H. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosentase kegiatan non produktif operator sebesar 85% masih di bawah standar perusahaan sebasar 90% , penyebab terjadinya penurunan tingkat produktifitas pekerja dari kegiatan non produktif tertinggi adalah operator mengobrol dengan prosentase tertinggi sebesar 51.17% salah satu penyebab akibat mengobrol adalah kurang rasa tanggungjawab sebagai operator dalam bekerja, perlu adanya tindakan perbaikan salah satunya dengan mengadakan training kembali untuk operator khususnya bagain part motor epson di PT PS Indonesia.

Kata Kunci: Peningkatan Produktivitas, Metode Work Sampling

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andi, dkk.(2004). Analisa Produktifitas Pekerja Dengan Metode Work Sampling: Studi Kasus Pada Proyek X Dan Y. Civil Engineering Dimension,Vol.6, No.2, 72-79, September 2004. ISSN 1410-9530.

Anendra Dhieka dan Dwi Nurul Izzhati. (2012). IMPLENTASI METODE WORK SAMPLING GUNA MENGUKUR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI CV. SINAR KROM SEMARANG. Seminar nasional teknologi informasi dan komunikasi terapan. ISBN – 26-0255-0.

Ariani Dorothea Wahyu. (2005). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: ANDI.

Eriyanto. (2007). Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta.

Fajrah Nofriani, dkk. Jurnal Sampling Pekerjaan (Stasiun Kerja Pemotongan Pada Pabrik Tahu Pak Buyung) : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Andalas. Analisis Pengukuran Kerja. ISSN 2088-4842.

Fithri, dkk. (2015). Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan Alsintan CV. Cherry Sarana Agro. Optimasi Sistem Produksi, Vol.14 No.1. ISSN 2088-4842 / 2442-8798.

Gaspersz Vincent. (1998). Statistical Process Control Penerapan Teknik-Teknik Statistikal Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurhidayat Asep Endih. (2009). Statistika Industi 2. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Sinungan Muchdarsyah. (2014). Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Supardi. (2013). APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN EDISI REVISI Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: PT PRIMA UFUK SEMESTA.

Sutalaksana Iftikar Z, dkk. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: ITB.

Team APK&E. (2007). Petunjuk Praktikum Analisa Perancangan Kerja I. Jakarta: Laboratorium Teknik Industri FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI.

Team APK&E. (2007). Petunjuk Praktikum Analisa Perancangan Kerja II. Jakarta: Laboratorium Teknik Industri FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI.

Wahyuni Hana Catur, dkk. (2015). PENGENDALIAN KUALITAS; Aplikasi pada Industri Jasa dan Manufactur dengan Lean, Six Sigma, Servqual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

(http://jurnalsdm.blogspot.co.id/2009/07/produktivitas-kerja-definisi-dan.html). Bagus Denny. Produktifitas Kerja: Definisi dan Pengukuran Produktivitas Tenaga Kerja. diakses pada hari selasa, tanggal 10 November 2015 pukul 21.37.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.