SIMULASI TES UKBI DAN BEDAH SOAL BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DI BALARAJATujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mensosialisasikan atau memperkenalkan tes UKBI pada guru SD di Balaraja. Kedua, melakukan bedah soal bahasa

Astuti Samosir, Ade siti haryanti, maman Fathurahman

Sari

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mensosialisasikan atau memperkenalkan tes UKBI pada guru SD di Balaraja. Kedua,  melakukan bedah soal bahasa Indonesia yang berkaitan dengan taksonomi bloom.  Ketiga,  mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru dalam pengadaan kegiatan ilmiah ini.  Beragam  metode atau teknik yang dilaksanakan dalam kegiatan ini seperti ceramah, diskusi, metode langsung, dan media youtube. Beberapa hasil kegiatan ini sebagai berikut. Pertama, para guru SD di Balaraja belum pernah melakukan tes UKBI sehinga diawal pertemuan diperlukan pengenalan dasar berkenaan dengan tes UKBI. Kedua, setelah melakukan pengarahan, guru sudah mampu memahami dan menulis soal sesuai dengan taksonomi bloom (C1-C6) yang disesuaikan dengan tingkat kelas. Ketiga, peningkatan kompetensi guru dapat terlihat dalam pengetahuan akan tes UKBI dan simulasi sederhana UKBI dan menulis soal sesuai dengan taksonomi bloom. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bachman, Lyle F. (1990). Fundamental Considerations In Language Testing. Oxford: Oxford University Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rieneke Cipta

Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinisp-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.