PENGEMBANGAN SALURAN DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MAKANAN OLEH-OLEH KHAS KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Suprapto Suprapto, Wahyu Utama, Zainal Arifin Masri

Sari

ABSTRACT


This research is about the development of distribution channel to increase the sales volume of food by typical souvenir of Gunungkidul. This research was conducted in Bedoyo village, Ponjong district Gunungkidul regency. Bedoyo people's livelihood in general is a producer of cassava chips. Producer of cassava chips is home industry of Bedoyo society. The research method used is descriptive qualitative research method. Qualitative descriptive method is used to describe and explain narratively the existing distribution channels and the development / expansion of distribution channels in order to increase the sales volume of cassava chips. Sampling for qualitative research is done purposively and snowball sampling, ie sample of data source selected with certain consideration (most know what we want), number of sample not based on statistical calculation but adjusted to get maximum information where the number of initially few then more .
Keywords: distribution channel, sales volume, qualitative method,

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengenai pengembangan saluran distribusi untuk meningkatkan volume penjualan makanan oleh-oleh khas Gunungkidul.  Penelitian ini dilakukan di desa Bedoyo kecamatan Ponjong kabupaten Gunungkidul.  Mata pencaharian masyarakat Bedoyo pada umumnya adalah produsen kripik singkong. Produski kripik singkong merupakan industri rumahan masyarakat Bedoyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian  kualitatif deskriptip. Metode kualitatif deskriptip digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara naratif saluran distribusi yang ada dan pengembangan/perluasan saluran distribusinya dalam rangka meningkatkan volume penjualan kripik singkong.  Pengambilan sampel untuk penelitian kualitatif dilakukan secara purposive dan snowball sampling, yakni sampel sumber data dipilih dengan pertimbangan tertentu (paling mengetahui apa yang kita inginkan), jumlah sampel tidak berdasarkan perhitungan statistik tetapi disesuaikan untuk mendapatkan informasi yang maksimum dimana jumlah awalnya sedikit yang kemudian semakin banyak.  

Kata kunci :  saluran distribusi, volume penjualan, metode kualitatif,  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Assauri, Sofjan. (2010). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. (1997). Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Traditions. London. SAGE Publication

H. Prasetyono. (2016). Graduate Program Evaluation in the Area Leading Educational, Outlying and Backward, Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online). Vol.7, No.36, 2016, pp. 109-116

Kotler, Philip. & Kevin Lane Keller. (2005). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 12th Edition. New York-USA. Prentice Hall

Nitisemito, Alex S. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Ghalia Indonesia

Stanton, William J. (2000). Prinsip Pemasaran. Jakarta. Gramedia

Stanton, William J. & Michael J Etzel. (2004). Marketing. Boston-USA. Mc Graw Hill

Sugiono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung. Alfa Beta

Swasta, Basu. 2009. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta. Liberty

Swasta, Basu. & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty

www.gunungkidulkab.go.id diakses 8 Januari 2018

www.bpkpperwakilandaerahistimewayogyakarta.go.id diakses 8 Januari 2018

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.