Pendekatan Konstruktivisme dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, R., & Sidoarjo, U. M. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Pedagogia, 1(1), 85–98.
Arora, C. (2017). Reflection on curriculum review of science at upper primary level in cbse affiliated private schools of delhi. International Journal of Science and Research, 6(2), 555–558.
Dacholfany, M. I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Dewantara, 1(1), 16–28.
Afandi, R., & Sidoarjo, U. M. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Pedagogia, 1(1), 85–98.
Arora, C. (2017). Reflection on curriculum review of science at upper primary level in cbse affiliated private schools of delhi. International Journal of Science and Research, 6(2), 555–558.
Dacholfany, M. I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Dewantara, 1(1), 16–28.
Damsar. (2015). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PRENADAMEDIA.
Eka S. Ariananda, D. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.
Ektem, I. S. (2016). A Study on Prospective Teachers ’ Self -Efficacy Beliefs Regarding the Implementation of Constructivist Approach ( A Case of Konya ). Journal of Education and Training Studies, 4(3), 118–125. https://doi.org/10.11114/jets.v4i3.1222
Florentina, N., & Leonard. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Noviyani. Jurnal Formatif, 7(2), 96–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Gitakarma, M. S., & Tjahyanti, L. P. A. S. (2012). Modifikasi Claroline dengan Metode Pembelajaran Computer-Supported Collaborative Learning ( CSCL ) Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(1), 37–46.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pestasi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Hayat, M. S., & Anggraeni, S. (2011). Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma, 1(2), 141–152.
Ismail, M., Lukman, & Alio, L. (2013). Meningkatkan hasil belajar ikatan kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada siswa kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, 8(1), 1–10.
Izabel, M., Souza, F., & Torres, T. Z. (2015). Method for Educational Microcontent Production. International Journal of Science and Research, 4(11), 1472–1482.
Izadpanah, S. (2010). A study on Task-based Language Teaching: From theory to practice. US-China Foreign Language, 8(3), 47–56.
Kurniasih, I. Y., Miskalena, & Ifwandi. (2017). Persepsi siswa terhadap upaya guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam memodifikasi media pembelajaran permainan bola besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(3), 159–167.
Leonard. (2018). Task and forced instructional strategy : instructional strategy based on character and culture of indonesia nation. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 51–56. https://doi.org/dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408
Muniarti, & Usman, N. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Munir. (2016). Perencanaan sistem pengajaran bahasa arab. Jakarta: KENCANA.
Mutongi, C. (2016). Knowledge Management Theoretical Frameworks : A Critique. International Journal of Science and Research, 5(8), 1387–1392. https://doi.org/10.21275/ART20161097
Naomee, I., & Tithi, U. M. (2013). Reflection of Bloom ’ s Taxonomy in the Learning Outcomes of Secondary Social Science Curriculum of Bangladesh. International Journal of Science and Research, 1(1–3), 550–559. Retrieved from www.ijser.in
Nurhasanah, F. (2012). Membangun keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran mata kuliah perencanaan dan pengembangan program pembelajaran matematika melalui pendekatan konstrutivisme dalam kegiatan lesson study. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP, 1(1), 62–78.
Padmadewi, N. N., Nitiasih, P. K., & Artini, L. P. (2009). Model Konseptual Pembelajaran Bahasa Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3), 170–177.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Pembelajaran sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.
Robertson, E. P., & Jung, J. (2006). The Asian EFL Journal Quarterly September 2006 Special Conference Proceedings Volume. Task-Based Learning in the Asian Context, 8(3), 1–298.
Rosiyanti, H. (2015). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Materi Tranformasi Linier. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 59–70.
Sadik, F. (2017). Children and discipline: investigating secondary school students’ perception of discipline through metaphors. European Journal of Educational Research, 6(4), 495–508. https://doi.org/10.12973/eu-jer.6.4.495
Sahrudin, A. (2014). Implementasi strategi pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.
Samaresh, A. (2017). Effectiveness of constructivist approach on academic achievement in science at secondary level. Educational Research and Reviews, 12(22), 1074–1079. https://doi.org/10.5897/ERR2017.3298
Setiawati, G. A. D., Arjaya, I. B. A., & Ekayanti, N. W. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Kelas Ix Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 3(2), 17–30.
Setyawan, A., & Leonard, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 736–745.
Sharma, M., & Singh, G. (2016). Effect of Collaborative Concept Mapping Strategy on Achievement in Economics of Ix Graders. International Journal of Science and Research, 4(July), 531–536.
Sialagan, A., & Irmayanti. (2011). Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Geografi, 3(1), 81–90.
Stiawan, B. (2016). Pengelolaan pembelajaran ipa dengan pendekatan konstruktivisme untuk menanggulangi miskonsepsi di sd kepahiang. eJournal Universitas Bengkulu, 10(6), 572–578.
Subyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan kerja pengurus yang dimediasi oleh motivasi kerja (studi pada pengurus kud di Kabupaten Sleman). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 11–19. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp. 11-19
Sukayasa. (2012). Penerapan Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu pada Konsep Volume Bangun Ruang. Jurnal Peluang, 1(1), 57–70.
Supardan, D. (2016). Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Wangsawidjaya. (2012). Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: Gramedia.
Widodo, W., Murtini, W., & Susilowati, T. (2016). Penerapan metode pemberian tugas dan resitasi dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis surat siswa kelas x d administrasi perkantoran smk wikarya karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 131–145.
Yohana, I., Sudarmin, S., Wardani, S., & Norasikin, S. (2017). The generic science skill profile of fourth grade students on acid and base topic in guided inqury learning model. International Journal of Active Learning, 2(1), 110–116.
Zuleha. (2017). Dasar-Dasar Hukum Pidana. Yogyakarta: Deepublish.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.