PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN EFEKTIFITAS MAHASISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan efektifitas mahasiswa di kelas menggunakan model pembelajaran problem possing pada mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Dehasen (Unived). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Dehasen (Unived) semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen penelitian adalah test tiap akhir siklus, lembar observasi mahasiswa dan dan dosen serta wawancara. Data hasil tes yang dianalisis adalah nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar dengan dapat dilakukan dengan memberikan motivasi, membagi mahasiswa dalam kelompok 4-5 orang, menunjuk secara acak mahasiswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan, menanggapi, presentasi kelompok, memberi bimbingan dalam pengajuan soal, menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti, memberikan nilai berdasarkan nilai kelompok sehingga mahasiswa saling membantu anggotanya masing-masing, dan menarik kesimpulan usai proses pembelajaran. Dilihat dari skor rata-rata pengamat setiap siklus meningkat, Dilihat dari hasil analisis tes siklus I sampai siklus III diketahui Berdasarkan hasil tes belajar mahasiswa, nilai rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 22,7 % dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 9,9 %.
Kata kunci: model pembelajaran problem posing, , efektifitas, hasil belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fina & Ety. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Kelompok Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Math Education Nusantara. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN-AW). (ISSN: 2614-512X, e-ISSN: 2614-5138)
Heather, Steve dan Stephanie. (2013). Handbook Teaching and Learning (Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi). Riau: Zanafa Publishing.
Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (Sscs) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika.Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 jurnal.upi.edu/file/irwan.pdf (diakses tanggal 03 Maret 2018).
Leonard, L. (2018). Task and forced instructional strategy : Instructional strategy based on character and culture of Indonesia nation. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 51–56. http://doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.