PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER ASSITED INSTRUCTIONAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ALKARIM KOTA BENGKULU
Sari
Abstrak
Pelaksanaan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Alkarim Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 siswa. Instrumen penelitian adalah test tiap akhir siklus dan lembar observasi siswa. Data hasil tes yang dianalisis adalah nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian yang telah di laksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis Computer Assited Instructional dapat meningkatkan kualitas aktivitas proses belajar siswa, dengan cara memindahkan posisi tempat duduk, memberikan umpan balik terhadap siswa dan memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapatnya. Model pembelajaran berbasis Computer Assited Instructional juga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, siswa juga sudan terbiasa dengan model pembelajaran berbasis Computer Assited Instructional dengan menggunakan media komputer dalam mengerjakan latihan yang sudah disiapkan. Pada tiap siklus terjadi peningkatan, hal ini dilihat dari hasil analisi tes siklus I sampai siklus III. Hasil belajar siswa yaitu untuk siklus I nilai rata-rata siswa 65 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,5%, meningkat di siklus II yang nilai rata-ratanya 72,68 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5% , meningkat di siklus III yang nilai rata-ratanya 86 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,75%.
Kata kunci: Computer Assited Instructional , Aktivitas belajar, hasil belajar
Abstract
The implementation of this research was Classroom Action Research. This research was conducted in three cycles using these flows: Action Plan, Action Implementation, Observation and Reflection. The subject of this research was the students of SMP Alkarim Kota Bengkulu. This research was conducted during March to April in the academic year of 2017/2018 which amounted to 16 students. The research instruments were the test of each end of the cycle and student observation sheet. The analyzed test result data were the average scores and the completeness of classical learning. From the result of the research it can be concluded that the implementation of Computer Assisted Instructional-based learning model can improve the quality of student learning activities by moving the seating position, giving feedback to students and motivating them to express their opinions. Computer Assisted Instructional-based learning model can also improve the quality of student learning outcomes. The students also get used to using Computer Assisted Instructional-learning model by using computer media in doing the exercises that have been prepared. In each cycle there is an increase, as seen from the analysis of the test cycle I to cycle III. Student learning outcomes for the cycle I shows that the students average score was 65 with 62.5% of classical learning completeness, increased in the cycle II which the average score was 72.68 with 87.5% of classical learning completeness, and also increased in the cycle III which the average score was 86 with 93.75% of classical learning completeness.
Keywords: Computer Assisted Instructional, Learning Activities, Learning Outcomes
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. (1985). Computer-based Instruction: Method and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., dan Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Diah Selviani dan Edi Susanto. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Computer Assisted Instructional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Alkarim Kota Bengkulu.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kulik, J., Kulik, C.dan Cohen, P. (1980). Effectiveness of computer-basedcollege teaching: A meta-analysis of findings. Review of Educational Research, 50 (1), 525-544.
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers Malang.
Leonard, L. (2018). Task and forced instructional strategy : Instructional strategy based on character and culture of Indonesia nation. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 51–56. http://doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408
Sardiman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.