MOZAIK BUBUR PLASTIK BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN BAGI ANAK USIA DINI

yetty trisnayanti, Dwi Nomi Pura

Sari

Kemampuan kognitif adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan tekhnik mozaik bubur plastik berwarna. Metode yang digunakan adalah Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus dimana tiap sikuls melakukan 3 kali pertemuan. Hasil yang didapat dari penelitian bahwa terjadinya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 terhadap kemampuan anak mengenal bilangan melalui membilang dengan menunjukkan benda dalam hal ini yang dibuat melalui teknik mozaik bubur plastik berwarna yaitu 88% berkembang sangat baik, sedangkan untuk mengurutkan bilangan dengan tepat dan benar 1-10 juga terjadi peningkatan dari sikuls 1 ke siklus 2, hasil akhir pada siklus 2 meningkat 80% anak sudah berkembang sangat baik. Media mozaik bubur plastik berwarna mampu meningkatkan kemampuan anak mengenal bilangan, pelajaran matematika yang diajarkan sambil bermain dan menyenangkan cara anak usia dini. Pengembangan mozaik bubur plastik berwarna akan menjadi salah satu media yang tepat untuk mengenalkan bilangan pada anak usia dini. 

Kata kunci: mozaik, bubur plastik, mengenal bilangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka : Jakarta

Agung, A.A. Gede, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. Singaraja. FIP Undiksha Singaraja.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI. No.20 Tahun 2003. Sistematis Pendidikan Nasional Jakarta : Citra Umbara

Jahja, Y, (2011), Psikologi Perkembangan, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Maslihah, (2005), Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak . Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Soemardji, dkk, 1992. Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nuraini Sujiono (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia

______________ (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.