Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Logaritma

Dwiana Febri Mangentang, Arie Purwa Kusuma, Desy Bangkit Arihati, Nurina Kurniasari Rahmawati

Sari

Artikel ini merupakan penelitian eksperimen pada bidang pendidikan. Penelitian itu sendiri bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran Brain Based Learning,  model pembelajaran Accelerated Learning atau model pembelajaran Direct Instruction pada materi logaritma.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara..

Hidayah, L. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Berbantu Alat Praga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Jansen, E. (2008). Brain Based Learning. Celeban Timur:Pustaka Pelajar.

Kusuma, A. P. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran TTW dan TPS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Tesis. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Leonard. (2018). Task and forced instructional strategy: Instructional strategy based on character and culture of Indonesia nation. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8 (1): 51-56. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408

Muligar, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Representasi Matematis serta Mengurangi Kecemasan Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP. Skripsi. UNPAS Bandung.

S.Suriasumantri, J. (2010). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sugiharto. (2015). Buku Pedoman Penulisan dan Bimbingan Skripsi. Jakarta: STKIP Kusuma Negara Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanti, J. (2011). Pengaruh Model Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Supardi. (2014). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.

Thristianti, F. (2010). Pengaruh The Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Program Linier Siswa SMA”, Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Widdiharto, R. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP, Diklat Instruktur/Pengembangan SMP Jenjang Dasar. Yogjakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengemangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.

Zarkasyi, Wahyudin. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.