PEMBERLAKUAN BATIKMARK SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi batikmark sebagai salah satu upaya untuk melindungi hak konsumen batik di Madura, khususnya tanjungbumi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan melakukan kajian pustaka dan juga wawancara kepada para narasumber yang berkompeten sesuai dengan materi yang akan diteliti. Batikmark merupakan sertifikasi yang di buat oleh pemerintah sebagai pembeda antara jenis-jenis batik yang ada di Indonesia. Tujuannya adalah agar konsumen dapat membedakan jenis batik tulis yang memiliki harga tertinggi dan mana yang bukan. Dalam prakteknya, di Tanjungbumi para perajin batik telah mengetahui mengenai pengaturan batimark ini. Tetapi hanya perajin besar saja yang memiliki sertifikasi batikmark tersebut. Perajin menyadari pengaruh memiliki batikmark yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap batik yang dijualnya. Tetapi berbagai kendala mengakibatkan batimark belum maksimal pelaksanaan dan fungsinya. Sehingga pemerintah harus memberikan usaha yang lebih keras agar batikmark dapat di implementasikan dengan lebih maksimal.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
(2018, Juli 12). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id: http://e-journal.uajy.ac.id/2358/3/2KOM02933.pdf
(2018, Juli 12). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id: http://lib.unnes.ac.id/22201/1/8111411324-s.pdf
(2018, Juli 18). Retrieved from http://djpen.kemendag.go.id: http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/admin/docs/publication/2151392695181.pdf
Erhian. (2013). Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman Kadaluarsa (Studi Kasus BPOM). Jurnal Ilmu Hukum Legal Opinion, 1. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/151836-ID-perlindungan-konsumen-terhadap-produk-ma.pdf
Iriantie, N. (n.d.). http://eprints.upnjatim.ac.id. Retrieved from http://eprints.upnjatim.ac.id/3951/1/file1.pdf
Rakhmawati, Y. (2015). Batik Madura: Heritage Cyberbranding. KOMUNIKASI, IX. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/107393-ID-batik-madura-heritage-cyberbranding.pdf
Sardjono, A., Prastyo, B. A., & Larasati, D. G. (n.d.). Pelaksanaan Perlindungan Hukum Merek Untuk Pengusaha Ukm Batik Di Pekalongan, Solo Dan Yogyakarta. Retrieved from http://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/download/1497/1411
Yudoseputro, Wiyoso .2008. Jejak jejak tradisi Bahasa Rupa Indonesia Lama . Jakarta : Yayasan Seni Visual Indonesia .
Zulaekah, S. (n.d.). Penerapan Technical Barrier to Trade melalui Pelabelan (Hang Tag) Identitas Budaya pada Produk Batik. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329585&val=7697&title=Penerapan%20Technical%20%20Barrier%20to%20Trade%20%20melalui%20Pelabelan%20%20(Hang%20Tag)%20Identitas%20Budaya%20%20pada%20Produk%20Batik
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.